Masukan Kata Kunci Pencarian

5 Cara Aman Belajar Mengemudi Bagi Pemula

Cara aman belajar mengemudi bagi pemula sangat penting agar tidak membahayakan pengendara saat belajar mengemudi. Cara aman belajar mengemudi dapat dilakukan dengan mengikuti kursus mengemudi atau belajar sendiri. Dimana kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan nya.

Belajar mengemudi dengan mengikuti kursus mengemudi tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena penyedia jasa kursus mengemudi telah memiliki trik ampuh agar client nya bisa mengemudi dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mendapatkan SIM setelah mengikuti kursus mengemudi. Namun, sebagai kekurangannya. Kamu membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Kelebihan belajar mengemudi sendiri yaitu kamu dapat berlatih sendiri kapanpun dan dimanapun. Kamu dapat membuat jadwal latihan sendiri. Selain itu kamu juga tidak membutuhkan biaya yang lebih banyak, hanya biaya untuk kebutuhan bensin.

Namun belajar sendiri, kamu harus mencari pendamping sendiri dan mengurus SIM sendiri setelah belajar mengemudi.

Metode manapun yang kamu pilih, belajar mengemudi dengan mengikuti kursus ataupun belajar sendiri, kamu tetap harus belajar mengemudi secara aman. Berikut caranya :

1. Pilih Mobil Untuk Belajar Mengemudi

Hal pertama yang kamu lakukan sebelum belajar mengemudi yaitu memilih mobil yang akan kamu gunakan untuk belajar. Terdapat dua jenis mobil yang kamu dapat kamu gunakan. Mobil bertransmisi matic dan bertransmisi manual. Cara mengendarai mobil matic berbeda dengan cara mengendarai mobil manual.

Namun disarankan untuk belajar mengemudi menggunakan mobil manual. Karena jika kamu sudah menguasai cara mengendarai mobil manual, akan lebih mudah nantinya untuk mengendarai mobil matic.

2. Rutin Berlatih

Ketika belajar mengemudi. Kamu harus sering berlatih agar terbiasa dan semakin lancar mengendarai mobil. Buat jadwal rutinitas belajar mengemudi. Kamu dapat meluangkan waktu untuk belajar mengemudi di sela-sela kesibukan.

Dengan rutin berlatih mengemudi, kamu dapat menghilangkan kebiasaan buruk saat menyetir. Misalnya tidak menginjak kopling saat ingin memindahkan gigi. Atau lupa menghidupkan lampu sein ketika ingin berbelok.

3. Jangan Langsung Dijalan Raya

Agar lebih aman ketika belajar mengemudi, jangan langsung belajar di jalan raya. Kamu dapat belajar mengemudi di tanah lapang atau di tempat yang luas dan sepi pengendara.

Dikarenakan banyak kendaraan lain yang di jalan raya. Belajar di jalan raya tentu sangat beresiko. Sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan sesama pengendara atau menabrak pembatas jalan, atau bahkan yang lebih parah bisa saja kamu menabrak orang yang melintas.

Oleh karena itu di awal belajar mengemudi dianjurkan untuk tidak langsung ke jalan raya.

4. Cari Pendamping yang Profesional Dan Tenang

Ketika belajar mengemudi, kamu juga harus didampingi oleh seseorang sebagai pendamping. Yang menjadi pendamping seharusnya ia yang sudah profesional dan mahir dalam mengendarai mobil. Karena ia juga akan mempengaruhi hasil belajar mengemudi kamu.

Selain profesional, seharusnya ia juga tipe orang yang sangat tenang. Ketenangan saat belajar mengemudi sangat dibutuhkan agar kamu atau pendamping belajar kamu tidak panik saat terjadi permasalahan pada proses belajar mengemudi.

5. Konsentrasi Penuh

Saat belajar mengemudi dibutuhkan konsentrasi agar kamu tetap fokus. Pastikan kamu berkonsentrasi secara penuh selama belajar. Hal ini sangat penting untuk keamanan kamu diperjalanan. Kurang konsentrasi dapat menyebabkan berbagai kecelakaan.

Agar konsentrasi kamu tidak terganggu. Jangan bermain handphone ketika belajar mengemudi. Selain itu jangan menghidupkan musik dengan volume yang berlebihan, karena hanya akan mengganggu konsentrasi kamu. Tetap fokus ke jalan.

Nah itulah 5 cara aman untuk belajar mengemudi mobil bagi pemula agar tidak membahayakan keselamatan mobil ataupun keselamatan pengendaranya. Semoga 5 tips diatas dapat memberi manfaat bagi kamu yang akan belajar mengemudi atau sedang belajar mengemudi.

Pesan sponsor


Shopee Indonesia