Masukan Kata Kunci Pencarian

Cara mudah mengemudi mobil yang bertransmisi Manual

Bagi sebagian orang, mengendarai mobil bertransmisi manual memang suatu hal yang sulit dibanding mengendarai mobil bertransmisi matic. Namun sebenarnya tidak, kembali lagi ke kebiasaan kamu mengendarai mobil manual atau mobil matic. Kamu dapat mengendarai kedua jenis mobil tersebut. Hanya saja kamu membutuhkan latihan agar lebih mahir.

Sebelum belajar mengendarai mobil manual, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal tentang mobil bertransmisi manual :

1. Pedal Kontrol pada Mobil Bertransmisi Manual

Pedal kontrol pada mobil bertransmisi manual terdiri dari 3 bagian, yaitu gas (kanan kaki), rem (tengah), dan kopling (kiri kaki).

2. Kopling pada Mobil Bertransmisi Manual

Kopling pada mobil bertransmisi manual berada pada bagian kiri pedal kontrol. Kopling digunakan ketika kamu ingin menambah atau mengurangi gigi yang kamu gunakan. Perlu diingat ketika kamu ingin mengganti gigi, maka kamu harus menginjak kopling terlebih dahulu.

3. Tuas persneling pada Mobil Bertransmisi Manual

Pada tuas persneling mobil manual terdapat 6 gigi yang bisa kamu gunakan, yaitu gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan R. Gigi 1,2,3,4,5 digunakan sesuai dengan kecepatan kamu mengendarai mobil, semakin tinggi kecepatan kamu, semakin tinggi pula gigi yang kamu gunakan, biasanya hal ini ditandai dengan bunyi mobil yang seakan “dipaksa”, itu artinya kamu harus memasukkan gigi yang lebih tinggi. Sedangkan gigi R digunakan ketika kamu akan jalan mundur.

3 hal diatas merupakan hal yang perlu kamu ingat sebelum mengendarai mobil bertransmisi manual, sekarang kita akan belajar cara menjalankan mobil manual:

1. Cara Menghidupkan Mobil Bertransmisi Manual

Ketika menghidupkan mobil, kamu harus memastikan gigi mobil kamu berada di posisi N (Netral).

2. Cara Memasukkan Gigi di Mobil Bertransmisi Manual

Sebelum menjalankan mobil, kamu harus mengubah posisi gigi mobil menjadi gigi 1. Untuk memasukkan gigi 1 tekan kopling, lalu arahkan tuas persneling ke gigi satu, gigi 1 berada pada sisi kiri paling atas tuas persneling. Kemudian lepas perlahan kopling sambil menekan gas secara perlahan pula. Setelah mobil berjalan secara stabil, lepaskan pijakan kopling secara penuh.

3. Cara Menjalankan Mobil Bertransmisi Manual

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 2 diatas, setelah kondisi mobil dapat berjalan dengan stabil, kamu tinggal menyesuaikan posisi gigi sesuai kecepatan mobil.

Dibawah ini juga akan dijelaskan 4 cara yang bisa kamu pelajari ketika kamu berada pada suatu kondisi tertentu:

1. Cara Menghentikan Mobil Bertransmisi Manual

Setelah mobil kamu berjalan dengan stabil, tentu kamu juga akan berhenti jika sudah sampai ditempat tujuan. Untuk melakukannya, biarkan posisi gigi pada posisi terakhir kamu sedang berjalan, lalu kurangi kecepatan sambil menekan rem sedikit demi sedikit. Ketika mobil sudah dalam keadaan cukup lambat, tekan kopling sambil memindahkan tuas persneling pada posisi normal. Kemudian tekan rem mobil kamu secara perlahan sampai mobil benar-benar berhenti.

2. Cara Berhenti di Tanjakan Menggunakan Mobil Bertransmisi Manual

Ketika berhenti di tanjakan, terkadang membuat kebanyakan orang panik karena mobil akan mundur dengan sendirinya. Pada kondisi seperti ini kamu tinggal menekan rem dan kopling secara bersamaan, lalu pindahkan posisi tuas persneling pada posisi N (netral), kemudian tetap menekan rem sampai mobil kamu benar-benar berhenti dan gunakan bantuan rem tangan untuk menahan mobil agar tetap berada di tempat dan tidak berjalan mundur. Untuk menjalankan mobil kembali, masukkan gigi satu seperti yang biasa kamu lakukan ketika memulai menjalankan mobil, kemudian lepaskan rem tangan secara perlahan sampai mobil kamu berjalan dengan stabil.

3. Cara Mengendarai Mobil Bertransmisi Manual di Tanjakan

Untuk mengendarai mobil di daerah tanjakan, kamu hanya perlu menyesuaikan kecepatan dengan posisi gigi yang kamu gunakan. Jika tanjakan dapat ditempuh menggunakan gigi 2, maka lakukan hal tersebut. Namun, jika tanjakan semakin tinggi gunakan gigi 1.

4.Cara Mengendarai Mobil Bertransmisi Manual di Turunan

Ketika mengendarai mobil di daerah turunan, kamu perlu menyesuaikan kecepatan dengan posisi gigi yang kamu gunakan. Semakin tinggi gigi yang kamu gunakan, maka mobil akan semakin kencang ketika berada di suatu turunan. Kamu juga harus memperhatikan turunan yang akan kamu lalui. Saat mengendarai turunan biasanya menggunakan gigi 3.

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah menurut kamu mengendarai mobil bertransmisi manual itu tetap sulit? kamu hanya perlu berlatih sesering mungkin dan membiasakan diri sampai kamu ahli mengendarainya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu, terutama bagi kamu yang sedang belajar mengendarai mobil bertransmisi manual.

Pesan sponsor


Shopee Indonesia