Masukan Kata Kunci Pencarian

tanjakan

Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Bagi sebagian pengendara, medan paling tersulit saat mengemudikan mobil adalah jalan tanjakan. Hingga saat ini, masih banyak pengendara yang belum memahami cara mengemudi mobil manual di tanjakan. Khususnya, bagi pengendara pemula.

Jalan tanjakan sendiri cukup berbahaya bagi pemula yang belum mahir berkendara. Untuk melewati jalan tanjakan, kamu harus memiliki skill yang baik.

Jika belum terbiasa, maka mobil akan mundur saat di tanjakan. Agar kamu tahu cara mengemudi mobil di tanjakan curam, maka simak tipsnya di bawah ini:

1. Menggunakan Gigi Satu dan Dua

Cara merayap di tanjakan mobil manual yang pertama adalah gunakan gigi satu atau dua. Namun, masih banyak pengendara yang selalu menginjak setengah kopling jika melewati jalan tanjakan. Cara tersebut bisa dilakukan, namun kopling bakal cepat aus.

Bahkan, kopling mobil bisa saja jebol akibat terlalu sering diinjak. Cara ampuhnya adalah gunakan gigi satu atau dua. Jika tanjakannya sangat curam, gunakanlah gigi satu. Sedangkan untuk tanjakan rendah, gunakan saja gigi dua.

2. Gunakan Rem Tangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu harus menggunakan gigi satu atau dua jika berada di jalan tanjakan. Selain cara tersebut, kamu juga bisa memainkan rem tangan untuk menggantikan kopling, terutama saat berhenti.

Ketika melewati jalan tanjakan curam, kamu tinggal menarik tuas rem tangan agar mobil tidak mundur. Saat mobil berjalan, lepas saja rem tangannya secara perlahan sembari melepas kopling. Lalu, kaki lainnya menginjak pedal gas agar mobil bisa bergerak ke depan.

Baca juga: Cara Tepat Menggunakan Rem Tangan Mobil Manual

3. Menginjak Rem Kaki di Tanjakan yang Landai

Pengendara pemula mungkin masih belum menguasai cara mengemudi mobil manual di tanjakan yang macet. Jika tanjakannya tidak curam, kamu bisa memainkan kopling dan rem kaki sesuai putaran mesinnya.

Caranya, injak saja pedal rem saat mobil berhenti. Kemudian, ubah tuas persneling ke posisi N. Setelah mobil berjalan, lepas pedal rem secara perlahan sambil melepas kopling. Nantinya, mobil akan bergerak maju dengan pelan. Sebaiknya, kamu berlatih terlebih dahulu di tempat kursus agar mahir.

4. Gunakan Kopling dan Pedal Rem

Cara berhenti di tanjakan agar tidak mundur adalah menggunakan kopling sekaligus pedal rem. Jadi, mobil secara otomatis akan berhenti dalam keadaan mesin masih menyala. Pastikan juga kamu menggunakan gigi satu.

Jika ingin mobil kembali berjalan, maka injak saja pedal gas hingga 2.000 RPM dan lakukan secara bersamaan. Lalu, angkat kaki kiri untuk menginjak kopling dan rem dalam posisi setengah. Ketika kendaraan di depanmu berhenti, maka kamu tinggal menekan kopling untuk memberhentikan mobil.

5. Beri Jarak untuk Kendaraan Lain

Kamu diharuskan untuk memberikan jarak kepada pengendara lainnya, termasuk saat berada di tanjakan. Saat mengendarai mobil, jarak antar kendaraan harus tetap diperhatikan. Kamu bisa memberikan jarak yang ideal, yaitu tidak terlalu dekat dan jauh.

Alasannya, kamu tidak akan pernah tahu jika ada kendaraan lain di depan atau belakangmu. Lalu, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu memberikan jarak, maka ada banyak waktu untuk merespons saat menghadapi kondisi yang berbahaya.

6. Perhatikan Tingkat Kemiringan Tanjakan

Cara menyetir mobil manual di tanjakan agar tidak mundur lainnya adalah memperhatikan tingkat kemiringannya. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa memprediksi gigi berapa yang akan digunakan. 

Jika kamu tidak yakin untuk mengganti gigi di tanjakan, maka ganti saja ke tingkat rendah sebelum menaiki jalan. Jadi, mobil kamu akan kuat menanjak dan tidak mati mendadak. Jika suara mesin terdengar kasar, hal itu sangat wajar karena mobil sedang menanjak.

7. Kuasai Teknik Menyetir Sesuai Jenis Mobil

Sesuaikan teknik mengemudimu sesuai jenis mobil yang digunakan. Cara penggunaan mobil manual sangat berbeda jauh dengan matic. Untuk mobil manual, kamu bisa mengandalkan rem dan kopling dengan gigi satu atau dua.

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan memang agak sulit. Maka dari itu, kamu membutuhkan jasa kursus mengemudi agar lebih mahir. Kursusmengemudi.id adalah platform yang menyediakan tempat kursus terpercaya yang dekat dengan lokasimu. Ada lebih dari 50 tempat kursus mengemudi yang hadir di situs tersebut.