Masukan Kata Kunci Pencarian

7 Cara Mengemudi Mobil Sendiri, Dijamin Lancar dalam 1 Bulan!

Faktanya, cara mengemudi mobil sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda mau meluangkan sedikit tenaga, waktu, dan biaya saat latihan. Ingin tahu selengkapnya tentang cara belajar nyetir sendiri? Pastikan Anda tidak melewatkan tips-tips di bawah ini.

1. Pahami Jenis Mobil yang Digunakan Serta Plus Minusnya

Cara mengemudi mobil sendiri agar cepat mahir yang pertama adalah memahami jenis mobil yang Anda gunakan. Secara garis besar, ada dua jenis transmisi mobil yang bisa Anda pilih, yaitu mobil manual dan matic. Dari segi komponen dan pengendalian, mobil manual lebih rumit daripada mobil matic. Anda memerlukan fokus lebih banyak saat mengendarai mobil manual, karena pengaturan gigi, pedal rem, dan gasnya tidak otomatis.

Meski demikian, mobil matic juga punya beberapa kelemahan, seperti jumlahnya yang masih jarang, biaya perawatan mahal, sering bermasalah di tanjakan, dan boros bahan bakar.

2. Sebaiknya Belajar dengan Mobil Manual Dulu

Cara mengemudi mobil berikutnya yang direkomendasikan adalah belajar menggunakan mobil manual dulu. Dari segi desain, mobil matic memang lebih menarik dan kekinian. Akan tetapi, mayoritas pengguna mobil matic biasanya “kagok” saat diminta nyetir mobil dengan transmisi manual. Oleh karena itu, sebagai permulaan, sebaiknya Anda belajar nyetir mobil dengan mobil manual.

3. Ikuti Kursus Mengemudi Setidaknya 1 – 2 Kali

Bahasan tentang lebih baik belajar nyetir otodidak atau kursus sebenarnya sudah umum terjadi di berbagai forum, baik offline atau online. Mayoritas masyarakat setuju bahwa belajar mengemudi sendiri tanpa pendamping sangat BERBAHAYA. Bukan hanya untuk diri pengemudi sendiri, tapi juga bagi pengguna jalan raya lainnya.

Baca Juga: Bahaya Belajar Mengemudi Sendiri Tanpa Instruktur

Oleh karena itu, siapa pun yang ingin belajar nyetir sebaiknya memiliki instruktur pendamping sampai benar-benar siap turun ke jalan, baik secara fisik, pengetahuan, dan mental. Seseorang yang ingin aktif berkendara mobil di jalan setidaknya harus pernah mengikuti kursus mengemudi minimal 1 – 2 kali (dengan durasi 2 minggu – 1 bulan/kursus).

4. Patuhi Apa yang Dikatakan Instruktur Mengemudi

Cara mengemudi mobil agar cepat mahir berikutnya adalah dengan mematuhi saran dan masukan instruktur pengemudi. Tak dapat dipungkiri, seorang pengemudi pemula biasanya masih punya ego “nyetir” tinggi, apalagi jika yang bersangkutan terbiasa meliuk-liuk di jalan dengan motor. Padahal sebagai seorang pengendara mobil, meliuk-liuk di tengah kepadatan jalan sudah tidak mungkin dilakukan.

Pada tahap awal belajar nyetir, biasanya instruktur akan mengingatkan Anda soal ini. Jadi agar latihan mengemudi mobil lancar, pastikan Anda selalu mendengar apa yang instruktur katakan.

5. Asah Insting/Feeling Sensorik Mengemudi

Insting/feeling sensorik mengemudi adalah kemampuan pengemudi merasakan posisi dan memperkirakan jarak antara body mobil dengan sekitarnya. Meski terdengar aneh, insting mengemudi adalah keahlian yang wajib Anda kuasai sebelum turun ke jalan. Tanpa skill ini, mobil Anda akan cepat rusak dan tergores. Belum lagi jika Anda menghitung potensi melukai pengguna jalan raya yang lewat di kanan-kiri mobil, tentu resikonya juga sangat besar.

Jika ingin mengasah insting mengemudi, Anda perlu latihan nyetir dengan rutin. Selain itu, jika ingin lebih cepat jago, mintalah tips dan trik dari instruktur agar insting ini bisa lebih cepat terasah.

6. Kuasai Pengendalian Rem, Gas, dan Gigi

Komponen terpenting dalam mengendarai mobil bukanlah kemudi, melainkan rem, gas, dan gigi. Jika belum benar-benar menguasai ketiga komponen ini, sebaiknya Anda tidak turun ke jalan raya dulu.

Oleh karena itu, jika ingin cepat lancar mengemudi mobil, pastikan Anda paham betul cara mengoperasikan rem, gas, dan gigi saat latihan. Saat berlatih bersama instruktur, tanyakan terlebih dulu di mana posisi rem, gas, dan gigi mobil yang dipakai praktik.

7. Berlatih Rutin di Lapangan Luas

Cara mengemudi mobil biar cepat mahir yang terakhir adalah dengan berlatih secara rutin di lapangan luas. Agar semakin lancar, luangkan waktu tiap beberapa hari sekali untuk belajar mengemudi. Selama praktik di lapangan, maksimalkan kesempatan ini untuk menguasai pengoperasian rem, gas, dan gigi.

Itulah cara mengemudi mobil agar cepat jago nyetirnya. Sekali lagi ingat, pada tahap awal belajar nyetir, sebaiknya ada seorang instruktur pendamping di samping Anda.

Kalau tidak tahu mau belajar dengan siapa, langsung cari kursus mengemudi terdekat di Kursusmengemudi.id! Di Kursusmengemudi.ID, Anda bisa mendapat instruktur mengemudi terbaik di sekitar lokasi Anda lho!

Pesan sponsor


Shopee Indonesia