0812 - 3747 - 4047

5 Tips Hilangkan Grogi Saat Belajar Mengemudi

Banyak orang yang merasa grogi ketika baru pertama kali belajar mengemudi mobil. Selain belum memiliki jam terbang yang cukup, ketakutan akan resiko-resiko yang bisa saja terjadi akan membuat rasa grogi semakin tinggi.

Merasa grogi adalah hal yang wajar saat belajar mengemudikan mobil. Namun, jangan sampai rasa grogi tersebut membuat kamu kehilangan minat untuk belajar.

Berikut beberapa tips menghilangkan grogi saat belajar mengemudi:

1. Atur Posisi Duduk

Sebelum memulai belajar mengemudi mobil, kamu harus mengatur posisi duduk yang membuat kamu nyaman.

Mengatur posisi tempat duduk merupakan sesuatu yang penting ketika berkendara. Pertama atur ketinggian jok sehingga kamu memiliki pandangan yang luas kedepan. Sesuaikan ketinggian jok dengan kebutuhan kamu agar pandangan tidak terhalang dashboard.

Lalu, sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi jok terlalu jauh sehingga kamu mengalami kesulitan ketika ingin menginjak pedal-pedal tersebut.

Selanjutnya perhatikan sandaran jok, apakah sudah membuat kamu nyaman atau belum. Hal ini sepertinya terlihat sepele, tapi sangat berpengaruh terhadap kenyaman dan menghilangkan grogi kamu saat belajar mengemudi.

2. Belajar Dengan Orang yang Profesional Dan Tenang

Belajar dari seorang profesional dalam hal mengemudi sepertinya solusi paling tepat untuk menghindari grogi, karena pengemudi profesional sudah sangat memahami bagaimana menangani pengemudi pemula yang biasanya grogi ketika belajar mengemudi.

Mereka juga sudah pasti tenang dan tidak panikan. Dengan begitu mereka akan membantu kamu ketika kamu mendapat masalah saat berada di perjalanan. Dan akhirnya rasa grogi yang kamu rasakan akan berkurang.

3. Pahami Bagian-bagian Mobil dan Fungsinya

Di dalam mobil terdapat bagian – bagian yang wajib dipahami oleh pengendara agar tidak salah saat menggunakannya. Pertama, terdapat pedal yang terdapat di bawah (bagian kaki). Kedua, tepat di sebelah kiri kamu, terdapat tuas transmisi dan rem tangan. Tuas transmisi berguna untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sedangkan rem tangan merupakan alat yang digunakan saat kamu ingin berhenti.

Selain bagian-bagian tersebut, pahami juga berbagai macam bagian yang dapat membantu kamu dalam berkendara, seperti tombol sein untuk berbelok. Atau tombol wiper untuk menghidupkan wiper saat terjadi hujan.

Perhatikan bagian-bagian mobil berikut ini:

Pada gambar diatas, terdapat beberapa bagian-bagian mobil yang akan kamu gunakan dan penting untuk diketahui. Seperti stir mobil, pedal, tuas transmisi dan rem tangan.

4. Perbanyak Jam Terbang Mengemudi

Memperbanyak jam terbang mengemudi dilakukan dengan cara perbanyak latihan. Banyak latihan juga akan membuat kamu terbiasa mengemudi. Jika sudah terbiasa, rasa grogi yang kamu rasakan pasti akan hilang dengan sendirinya.

Jika grogi tersebut masih ada. Berarti kamu harus lebih sering lagi berlatih sampai grogi tersebut dapat hilang dari pikiran kamu.Jika sekali atau dua kali berlatih masih grogi. Berarti kamu harus berlatih untuk ketiga kalinya. Bahkan harus berkali-kali sampai grogi kamu benar-benar hilang.

5. Jalan Perlahan

Saat mengendarai mobil, jalankan mobil kamu secara perlahan. Tidak perlu berkendara dengan kecepatan tinggi. Karena akan membuat kamu panik dan tingkat grogi kamu semakin tinggi. Bukan hanya menambah kepanikan. Berkendara dengan kecepatan tinggi juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Kecepatan mobil juga sangat berpengaruh terhadap perasaan grogi yang kamu miliki. Dengan sendirinya grogi akan hilang jika kamu rileks saat menjalankan mobil. Oleh karena itu, jangan terlalu kencang saat belajar mengemudi.

Semoga 5 tips di atas dapat bermanfaat serta membantu kamu untuk menghilangkan rasa grogi saat belajar mengemudi. Jangan terlalu panik atau grogi, karena apapun yang kamu lakukan jika sudah sesuai aturan , maka kamu akan aman . Tetap rileks dan fokus saat berkendara.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang