Masukan Kata Kunci Pencarian

cara menggunakan rem tangan mobil manual

Cara yang Tepat Menggunakan Rem Tangan Pada Mobil Manual

Cara menggunakan rem tangan mobil manual – Sistem rem yang ada pada mobil adalah komponen yang dapat digunakan untuk memperlambat atau menghentikan laju dari kendaraan. Adanya rem di kendaraan ini akan sangat penting untuk keselamatan para pengendaranya. Tetapi masih banyak sekali ditemukan pengendara yang masih memakai cara rem tangan mobil yang masih salah. Baik itu untuk mobil transmisi yang manual atau mobil dengan transmisi jenis matic. 

Sebelum kita membahas tentang tata cara rem mobil, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu manfaat dari rem di mobil. Pasti banyak yang masih berfikir jika rem adalah untuk memberhentikan mobil. Ketika dalam kondisi kaget dan juga panik, pasti banyak yang secara spontan menginjak rem penuh dan sebenarnya hal tersebut sangat tidak dianjurkan. 

Tindakan yang seperti itu dianggap dapat mengurangi daya cengkeram pada ban ke aspal. Hal itu karena masih banyak yang berpikir salah dengan tata cara menggunakan rem tangan mobil, yaitu beranggapan untuk menghentikan laju dari kendaraan. Fungsi paling utama rem pada mobil adalah untuk mengurangi kecepatan, bukan untuk menghentikan kendaraan tersebut.

Mulai Kapan Rem Tangan Mobil Harus Digunakan? 

Rem tangan mobil adalah sebuah sistem pengereman yang sudah tertanam di seluruh jenis dan juga tipe mobil. Sistem pengereman tersebut akan berguna untuk bisa menahan atau bahkan menghentikan laju dari mobil. Adanya rem tangan, laju dari mobil tentu saja akan jauh lebih mudah untuk dikendalikan.

Rem tangan ini akan selalu dipakai ketika melintasi penurunan maupun melewati tanjakan dan ketika akan parkir. Tanpa adanya rem tangan dan rem parkir tersebut, ketika melakukan pengereman Anda tidak bisa menghubungkan dengan roda di bagian belakang. Sehingga, mobil bisa saja dapat bergerak secara bebas jika di parkir pada daerah yang tinggi. Keselamatan dan juga keamanan dalam mengemudi akan sangat bergantung pada rem tangan mobil.  Salah satu contohnya adalah Anda disarankan untuk tidak menginjak rem pada pedal kaki, tetapi harus siaga menarik rem tangan ketika ban mobil pecah.

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Berdasarkan Jenisnya 

Cara menggunakan rem tangan mobil manual atau matic sebenarnya ada beragam jenisnya. Sekarang ini dalam industri otomotif rem tangan sudah mulai dikembangkan ke arah elektronik dengan memakai tombol saja. Selain jauh lebih praktis, rem tangan ini juga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang dan mudah untuk mengontrol keamanan. Inilah jenis-jenisnya dan tips dalam menggunakan rem tangan mobil Sigra dan yang lainnya:

  1. Rem Tangan Tombol (Electric)

Jenis rem tangan yang satu ini adalah jenis yang bisa dikatakan canggih karena sudah dianggap sangat memudahkan para pengendaranya. Anda hanya cukup menarik tuas yang berada di dalam tombol ke atas untuk agar bisa melakukan pengereman. Bentuknya pun juga relatif kecil dan biasanya akan terdapat di mobil premium seperti BMW dengan seri 7 E65.

  1. Rem Tangan Pedal

Rem tangan pedal ini sebenarnya mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan rem tangan jenis tuas. Perbedaannya hanya terlihat dari letaknya, rem tangan pedal ini letaknya sejajar dengan pedal gas. Rem tangan pedal memiliki fungsi dengan cara diinjak sampai dalam, lalu ketika ingin berpindah ke dalam posisi melaju Anda hanya harus menginjak pedal sekali lagi. Jenis rem tangan yang satu ini akan mudah ditemukan di beberapa jenis mobil premium seperti Toyota Camry, Lexus, dan Mercedes Benz.

  1. Rem Tangan Tuas (Stik)

Jenis rem tangan ini memiliki bentuk seperti tuas atau stik. Biasanya ada tombol di bagian atasnya dan letaknya di antara kursi pengemudi dan juga kursi navigator. Jenis rem tangan tuas akan banyak ditemukan di beberapa tipe mobil jenis lama seperti Isuzu Panther dan juga Toyota Kijang.

Rem tangan tuas menggunakan sistem rem tromol atau sering disebut dengan drum brake yang dapat membuat Anda harus lebih memperhatikan kebersihan dari kampas rem tersebut. Tata cara mengoperasikannya juga cukup mudah, Anda hanya harus menarik maupun menurunkan tuas sambil menekan tombol yang terdapat di atasnya.

Fungsi dari Rem Tangan Mobil

Istilah lain dari rem tangan adalah rem parkir, hal ini memang benar karena mengingat fungsinya adalah untuk menjaga supaya kendaraan tetap bisa diam pada saat di parkir. Terutama ketika berada di jalanan yang tidak rata seperti naik maupun turun. Fungsi rem tangan bukan hanya sebatas itu saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menjadi alternatif pengereman ketika dalam keadaan darurat. 

Hanya saja Anda harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar.Namun harus selalu untuk diperhatikan ketika Anda sedang memakai rem di jalanan yang cukup menukik. Ban mobil milik Anda harus diganjal dengan menggunakan batu agar lebih aman, terutama jika Anda akan berhenti dengan jeda waktu yang lama.

Rem akan cepat aus ketika harus bekerja dengan berat seperti beban di mobil terlalu berat sehingga membuat kemampuannya untuk menahan mobil di jalan yang memiliki tanjakan curam akan semakin berkurang.

Tips Menggunakan Rem Tangan Mobil dengan Baik dan Benar 

Agar nantinya mobil tidak mengalami dampak kerusakan di bagian kampas rem, maka Anda harus memperhatikan selalu bagaimana proses dalam penggunaannya. Cara menggunakan rem tangan mobil manual berikut ini juga bisa menjadi bagian dari perawatan komponen pada rem.

  1. Rem dengan Model Stick

Jika Anda yang menggunakan rem dengan model stik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah tarik tuas dan pastikan sudah berbunyi empat klik hingga tujuh kali. Jika melebihi dari itu artinya setelan yang ada pada rem kurang tepat.  

  1. Pada Saat Parkir dengan Waktu yang Lama

Rem tangan memang banyak sekali digunakan untuk parkir, tetapi hanya untuk jangka waktu yang pendek. Jika Anda ingin parkir dengan waktu yang lama, maka sebaiknya pakai penangkal saja atau masukan transmisi P di mobil otomatis sehingga ban tidak akan terkunci. 

  1. Cara Memakai di Jalan Menanjak

Ketika berada di jalanan yang menanjak dan Anda ingin mulai untuk mengendarai, maka hindari untuk menginjak gas sebelum remnya akan dilepaskan. Proses yang benar adalah lepas rem tangan baru menginjak pedal gas. Agar konfigurasinya jauh lebih stabil dan seimbang, cara ini dapat membantu agar kabel rem tidak mudah putus. Agar dapat menguasai tekniknya, jauh lebih baik bila Anda terus belajar mengendarai di jalanan yang menanjak.

  1. Cara Menarik Rem yang Benar 

Baik itu untuk menginjak maupun menarik, Anda tidak harus melakukannya secara berlebihan. Cara yang paling tepat adalah hingga 45º sampai penguncian terjadi secara baik pada mobil. Rem tangan mobil wajib untuk disetel secara rutin sampai rem yang aus bisa dideteksi dari awal.