Masukan Kata Kunci Pencarian

agar berani menyetir mobil

10 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Berani Menyetir Mobil

Mengemudikan kendaraan di jalanan, membutuhkan keberanian dan teknik yang tepat. Selain itu pengemudi juga harus memiliki skill dan pengetahuan yang cukup dalam hal menyetir. Sayangnya tidak semua orang berani untuk menyetir. Ada beberapa cara agar berani menyetir mobil dengan baik.

Rasa percaya diri, sangat penting dimiliki untuk bisa mengemudi mobil dengan baik. Apabila Anda tidak cukup berani, maka bisa menyebabkan stres selama berkendara. Efeknya adalah menjadi tidak fokus ketika mengendarai mobil hingga memicu terjadinya risiko kecelakaan.

Ketakutan Terbesar Pengemudi Pemula

Jalan raya mungkin menjadi hal yang paling menakutkan bagi para pemula. Ketakutan ini mungkin karena banyaknya kendaraan yang melintas dan belum terlalu percaya diri untuk membawa mobil di jalan raya. Pasalnya rata-rata kendaraan akan melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Selain ketakutan pada arus lalu lintas yang terjadi di jalan raya, beberapa pengendara juga takut untuk menyetir mobil karena alasan cuaca buruk. Misalnya adalah hujan lebat atau angin yang cukup kencang. Faktor cuaca ini kadang sulit dihadapi oleh beberapa orang sehingga membuatnya gugup saat menyetir.

Ketakutan lainnya adalah karena harus memarkirkan mobil secara paralel. Para pengemudi pemula mungkin akan lancar dalam mengemudi di jalanan yang lurus, namun ketika harus memarkirkan mobil banyak yang ragu-ragu bahkan takut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, lebih dari 70% pengemudi pemula yang telah memiliki SIM masih mengalami ketakutan untuk langsung mengemudi sendirian di jalanan. Kurangnya rasa percaya diri menjadi faktor utama dalam kurangnya keberanian tersebut.

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Berani Menyetir Mobil

Meskipun banyak yang telah memiliki SIM untuk mengendarai mobil, tapi masih ada juga yang belum berani mengemudikan mobil di jalanan. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah kurangnya rasa percaya diri. Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda berani untuk berkemudi di jalanan.

1. Belajar Mengemudi

Teknik dasar agar berani mengemudi dengan baik adalah dengan rutin menjalankan belajar nyetir mobil. Hal tersebut bertujuan untuk lebih fokus dalam mengasah keterampilan mengemudi dan membentuk keberanian agar lebih percaya diri ketika mengendarai mobil.

Dengan belajar mengemudi, maka akan berlatih tahapan mengemudi hingga lancar. Pada awal pembelajaran mungkin akan berlatih mengemudi di jalan yang sepi, kemudian akan meningkat pada tahapan mengemudi di jalanan yang cukup ramai.

2. Tentukan Rute Jalan

Tingkat keberanian masing-masing orang akan berbeda-beda. Langkah awal yang bisa dilakukan agar berani menyetir mobil adalah dengan menentukan rute jalan yang akan dilalui. Anda bisa memilih dan memastikan rute mulai dari awal berangkat hingga sampai di tempat tujuan.

Kenapa harus menentukan rute? Alasannya adalah agar Anda bisa lebih percaya diri dan mengurangi tingkat stress selama di perjalanan. Dengan pemilihan rute yang sesuai dengan keinginan, maka Anda lebih siap untuk berkendara.

3. Persiapkan Diri Terhadap Cuaca Buruk

Ketika sedang dalam perjalanan, Anda tidak bisa menebak kondisi apa yang hendak ditemui, termasuk tentang cuaca yang berubah sewaktu-waktu. Sebelum menyetir di jalanan, akan lebih baik jika mempersiapkan peralatan dan perlengkapan dalam kondisi darurat.

Persiapan yang matang dan persiapan diri, akan membuat Anda lebih berani untuk menyetir di jalanan. Meskipun cuaca berubah menjadi buruk, akan lebih tenang karena telah memiliki persiapan yang cukup.

4. Tanamkan Motivasi yang Kuat

Modal dasar dalam membentuk keberanian agar berani menyetir mobil adalah dengan menanamkan motivasi diri yang kuat. Berikan beberapa alasan yang kuat untuk diri sendiri kenapa harus bisa menyetir dengan baik.

Dengan motivasi yang kuat, akan memunculkan keberanian yang tinggi sehingga dapat menyetir mobil di jalanan. Alasan tersebut akan menjadi sumber keberanian yang besar agar tidak ragu-ragu dalam menyetir mobil.

5. Lakukan Adaptasi Di Balik Kemudi

Sebelum mulai terjun di jalanan, akan lebih baik untuk mencoba beradaptasi dengan kondisi yang ada di balik kemudi. Cobalah untuk duduk di kursi kemudi, lalu peganglah setir seolah-olah sedang benar-benar mengemudi di jalanan.

Anda juga bisa belajar tentang fitur-fitur yang ada di dalam mobil. Cobalah untuk menggunakan fitur tersebut dan mempelajari fungsi-fungsi utama pada dashboard mobil. Bisa juga dengan mencoba mempraktekan cara memindahkan persneling dan penggunaan pedal.

6. Ajak Teman Untuk Berkendara

Apabila belum terlalu berani untuk berkendara sendirian di jalanan, bisa dengan cara ditemani orang lain. Anda bisa meminta bantuan dari teman, saudara, atau orang lain yang telah pandai menyetir agar mendampingi selama menyetir mobil.

Adanya orang yang menemani selama menyetir, juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian. Anda bisa langsung mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya, misalnya menghidupkan mesin, memasukkan gigi transmisi, dan lainnya.

Apabila terdapat kesulitan, maka teman atau saudara yang mendampingi akan memandu cara mengajar mengemudi dan membantu mengatasinya. Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan keberanian menyetir di jalanan dan akan terbiasa dengan proses menyetir.

7. Fokus

Pada dasarnya berani saja belum cukup agar bisa menyetir mobil dengan baik. Pengemudi juga harus mampu fokus dengan kondisi di jalanan. Misalnya saja, jarak dengan kendaraan di depan, samping atau belakang mobil.

Agar bisa nyaman dan fokus, pastikan Anda telah nyaman dalam posisi berkendara. Aturlah posisi duduk senyaman mungkin agar bisa lebih berkonsentrasi dan fokus selama mengemudi. Atur juga ketinggian jok agar mendapatkan jarak pandang yang luas.

8. Periksalah Beberapa Komponen Mobil

Keberanian untuk menyetir mobil dapat dilakukan dengan memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima ketika hendak digunakan. Luangkanlah waktu untuk melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen yang terdapat pada mobil.

Mulailah dengan memeriksa kondisi lampu utama, jendela, kaca spion, lampu rem, dan lainnya sebelum mulai menyetir. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan cuaca yang buruk pada saat berada di jalanan.

9. Berlatih Di Jalanan Tenang dan Sepi

Apabila masih ragu untuk mengemudi di jalanan yang ramai, lakukan belajar mengemudi di jalanan yang sepi dan tenang. Hal ini bisa dilakukan pada minggu pertama dalam pembelajaran mengemudi agar lebih tenang dan percaya diri, serta terhindar dari frustasi belajar nyetir.

Seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa lebih berani dan nyaman untuk menyetir sendiri di jalanan. Latihan rutin memang sangat dibutuhkan agar berani menyetir mobil dengan memperhatikan langkah-langkah yang telah dipelajari sebelumnya.

10. Beri Tanda Sedang Belajar

Menyetir mobil memang tidak bisa langsung lancar begitu saja. Selain membutuhkan waktu belajar secara intensif, juga harus tertanam motivasi yang kuat agar bisa menyetir dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tanda bahwa Anda sedang belajar menyetir.

Hal tersebut akan membuat pemakluman bagi pengendara yang lainnya. Berikan tulisan pada kaca belakang mobil bahwa sedang belajar menyetir. Kendaraan lain yang berada di belakang mobil akan memahami dan mengerti bahwa sedang belajar mengemudi.

Berani mengemudikan kendaraan sangat penting dilakukan agar perjalanan aman dan lancar. Agar berani menyetir mobil di jalanan, perlu meningkatkan skill dan praktek mengemudi. Selain itu tanamkan motivasi yang kuat agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan.