0812 - 3747 - 4047

4 Tips Mengemudi Ketika Melewati Bundaran

Bundaran merupakan jalan yang berbentuk lingkaran (bundar) dan dapat ditemukan di dalam atau di luar jalan perkotaan. Jalan bundaran dapat mengurangi kemacetan serta membantu menurunkan tingkat kecelakaan.

Tetapi saat mengemudi melewati bundaran, ada 4 tips yang perlu kamu perhatikan:

1. Kurangi Kecepatan

Saat melewati bundaran, kurangi kecepatan mobil kamu untuk menghindari kejadian-kejadian buruk yang mungkin saja bisa terjadi. Misalnya kecelakaan antara sesama pengendara. Gunakan kecepatan antara 25 hingga 30 kilometer per jam.

2. Jaga Jarak Dengan Pengendara Lain

Menjaga jarak dengan pengendara lain saat mengemudi di bundaran, juga merupakan hal yang penting kamu perhatikan, terutama pengendara di depan kamu.

Minimal kamu memiliki jarak 20 hingga 30 meter dengan pengendara lain. Ketika di depan kamu terjadi sesuatu secara tiba-tiba, kamu bisa memperlambat laju kendaraan kamu dengan baik (tidak mengerem mendadak).

3. Jangan Berpindah Jalur

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ketika mengemudi di bundaran yaitu jangan sekali-kali mencoba untuk berpindah jalur. Berpindah jalur dapat membahayakan diri kamu sendiri bahkan pengendara lain.

Tetaplah mengemudi di jalur pertama yang kamu pilih.

4. Hidupkan Lampu Sein Ketika Keluar dari Bundaran

Sebelum keluar dari jalan bundaran, nyalakan lampu sein kearah yang sesuai dengan arah tujuan (rute) kamu selanjutnya. Tujuannya untuk memberitahu pengendara pengendara lain yang berada di belakang kamu.

Teruskanlah keluar dari bundaran tanpa perlu berhenti atau mengurangi kecepatan kendaraan dan tetap berhati-hati.

Itulah 4 hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengemudi di bundaran. Tetap fokus dan berhati-hati untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang