Masukan Kata Kunci Pencarian

Tips Aman Mengemudi Pada Malam Hari

Mengemudi pada malam hari merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, karena berbagai kondisi yang mengharuskan kamu mengemudi di malam hari. Misalnya untuk urusan yang hanya bisa dilakukan pada malam hari atau urusan yang datang secara tiba-tiba.

Mengemudi pada malam hari juga memiliki resiko yang tinggi. Seperti terjadi kecelakaan sesama pengemudi. Biasanya hal ini disebabkan oleh jarak pandang pengemudi yang lebih pendek akibat kurangnya cahaya pada malam hari.

Lalu, bagaimana agar tetap aman jika harus mengemudi pada malam hari? Simak 5 tips dibawah ini :

1. Pastikan Membawa Perlengkapan Darurat

Sebelum melakukan perjalanan, kamu harus memastikan sudah membawa perlengkapan darurat. Perlengkapan ini berguna jika terjadi hal buruk selama di perjalanan. Apa saja yang kamu harus kamu persiapkan ketika mengemudi pada malam hari?

  • Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
    Kotak P3K perlu kamu persiapkan sebagai pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan yang tidak terduga. Kotak P3K minimal berisikan cairan atau gel antiseptik, kain kasa steril, gunting, dan plester luka.
    Berikut contoh kotak P3K beserta isi:

    Sumber: Gesunde Medical

  • Handuk Microfiber
    Handuk microfiber digunakan untuk membersihkan kaca, baik kaca bagian dalam atau bagian luar mobil. Handuk microfiber biasanya terbuat dari bahan yang sangat lembut agar kaca mobil tidak terkena goresan. Usahakan untuk menyimpan dua atau tiga handuk microfiber di dalam mobil kamu.
    Berikut contoh handuk microfiber yang bisa kamu gunakan:

    Sumber : Tokopedia

  • Windshield Cleaner
    Windshield cleaner merupakan cairan yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil kamu agar kaca mobil kamu tetap bersih dan tidak mengganggu pandangan saat mengemudi.
    Berikut salah satu windshield cleaner yang sering digunakan:

    Sumber : blibli.com

2. Periksa Lampu Utama Mobil Kamu

Lampu utama mobil sangat membantu kamu saat mengemudi di malam hari. Keadaan lampu utama yang redup berdampak buruk terhadap penglihatan kamu selama diperjalanan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, pastikan keadaan lampu utama mobil kamu tidak redup dan berfungsi dengan baik .

3. Bersihkan Kaca Depan dan Kaca Lampu

Kaca depan dan kaca lampu yang kotor dapat membiaskan cahaya yang menyilau dan menghalangi efektivitas sorotan cahaya. Tentunya hal ini sangat mengganggu penglihatan kamu saat mengemudi.

Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan pada malam hari, pastikan kondisi kaca depan bersih, baik di bagian luar atau bagian dalam.

Untuk membersihkan kaca depan bagian luar kamu dapat memanfaatkan Windshield System atau lebih familiar disebut Wiper. Sedangkan untuk membersihkan kaca depan bagian dalam dan lampu mobil, gunakan handuk microfiber dan windshield cleaner.

3. Hidupkan Fog Lamp (Lampu Kabut)

Pada dasarnya fog lamp digunakan untuk membantu pengemudi saat melewati jalan berkabut. Namun tidak hanya itu, karena fog lamp juga dapat berfungsi sebagai penerangan tambahan lampu utama. Sehingga jarak pandang kamu akan semakin luas.

Fog lamp berada di bagian bawah lampu utama. Pada masing-masing jenis mobil memiliki ukuran dan intensitas cahaya yang berbeda-beda. Semakin tinggi intensitas cahaya yang dihasilkan, maka semakin baik untuk penglihatan kamu saat mengemudi.

Berikut contoh fog lamp pada salah satu jenis mobil:

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Saat mengemudi pada malam hari, penting untuk kamu menjaga jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan kamu. Usahakan untuk tidak terlalu dekat, karena hal ini dapat menyebabkan penglihatan pengemudi di depan kamu menjadi silau akibat lampu mobil kamu yang terlalu dekat.

Selain itu, menjaga jarak dengan kendaraan lain dapat membuat kamu memiliki waktu untuk mengambil tindakan saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya menghindari kecelakaan akibat pengereman secara tiba-tiba yang dilakukan oleh mobil di depan kamu.

Jaga jarak dengan kendaraan didepan kamu sejauh 1 hingga 2 meter.

5. Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh

Mengemudi pada malam hari, biasanya mengharuskan pengemudi untuk menghidupkan lampu jauh. Lampu jauh digunakan saat kamu merasa ragu akan sesuatu hal yang ada di depan mobil kamu. Misalnya untuk memastikan ada pejalan kaki berada di arah depan mobil kamu.

Namun, sembarangan menyalakan lampu jauh dapat menyebabkan kecelakaan. Seperti menyalakan lampu jauh ketika ada mobil lain di depan kamu, maka akan membuat penglihatan pengemudinya terganggu atau merasa silau. Tentunya hal ini akan memicu terjadinya kecelakaan bukan?

Keselamatan menjadi hal yang sangat penting selama di perjalanan. Apalagi saat kamu harus mengemudi pada malam hari. Semoga 5 tips diatas dapat membantu kamu untuk tetap menjaga keselamatan dan terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.