Masukan Kata Kunci Pencarian

tahapan poles mobil

Mudah dan Hemat, Ini Cara Poles Mobil yang Benar

Mobil tidak hanya butuh dicuci, tetapi juga dipoles secara rutin agar tampilannya tetap seperti baru. Memoles mobil merupakan hal penting dan harus dilakukan sebagai bentuk perbaikan dan perawatan. Mobil yang selalu dipoles juga akan lebih awet dan tahan lama.

Tahapan poles mobil bisa dilakukan dengan dua cara, pertama  tanpa mesin, kedua menggunakan mesin. Kira-kira kamu akan menggunakan cara yang mana? Masing-masing tahapan akan dijelaskan secara rinci dalam pembahasan di bawah ini.

Cara Poles Mobil yang Benar Tanpa Mesin

Disini kita akan membahas tentang poles mobil manual atau tanpa mesin. Sebagai seorang pemula, mesin bisa diganti dengan lap microfiber.

1. Pilih Tempat dengan Pencahayaan Maksimal

Hal pertama yang dilakukan ketika akan memoles mobil yaitu memilih lokasi dengan pencahayaan yang terang. Tujuannya agar bisa melihat dengan jelas bagian mana yang terkena goresan dan ingin ditutupi.

Kamu juga perlu memoles mobil di tempat yang minim kotoran debu, sehingga tidak menempel dan membuat mobil menjadi lebih kotor. Jangan sampai tujuan memoles untuk mempercantik mobil justru gagal karena terlalu banyak debu yang menempel.

2. Mendinginkan dan Membersihkan Mobil

Setelah menemukan lokasi yang tepat, selanjutnya kamu bisa mendinginkan atau membersihkan mobil sebelum memulai tahap pemolesan. Pastikan kondisi mobil berada pada suhu normal.

Akan lebih baik jika kamu membersihkan atau mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran atau debu yang masih menempel yang mengganggu proses polesan nantinya.

3. Mulai Mengoleskan Cairan Poles

Tahapan poles mobil selanjutnya yaitu mulai mengoleskan cairan, prosesnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu atas, samping kemudian depan dan belakang.

Kamu harus mengoleskan cat secara merata di setiap bagian mobil menggunakan cairan compound yang sudah diletakkan pada soft buff pad. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan goresan halus atau baret, serta mencerahkan kembali cat yang sudah kusam.

4. Polishing dan Waxing

Setelah melakukan langkah nomor 3, kamu harus memberikan jeda sebentar, tunggu sekitar 5 menit. Jika sudah, maka sisa pengolesan cairan compound tadi bisa dibersihkan menggunakan lap microfiber.

Kamu bisa menuju tahap polishing yang bertujuan agar warna mobil menjadi lebih mengkilap. Gunakan kain yang lebih halus untuk mengaplikasikannya. Jika sudah, selanjutnya yaitu melakukan Waxing yang bertujuan untuk melapisi atau melindungi body mobil.

5. Finishing

Apabila keempat tahap di atas sudah dilakukan, selanjutnya lakukan finishing atau membersihkan. Caranya dengan mengusap seluruh bagian body mobil menggunakan lap microfiber.

Tujuannya untuk menghilangkan semua sisa cairan yang digunakan.

Tahapan di atas harus dilakukan secara runtut, jangan sampai terbalik karena akan berakibat kurang maksimalnya hasil pemolesan yang dilakukan. kamu bisa mengerjakannya di rumah masing-masing, sediakan peralatan terlebih dahulu sebelum bekerja agar mempersingkat waktu.

Jika kamu memiliki mesin, bagaimana cara memoles mobil? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simak pembahasan berikutnya ya!

Tahapan Poles Mobil Menggunakan Mesin

Alternatif lain untuk melakukan pemolesan pada mobil adalah menggunakan mesin poles sebagai pengganti lap microfiber. Metode ini biasanya banyak dipilih karena dinilai lebih efektif dan praktis.

A. Cek Terlebih Dahulu Mesin Poles

Ketika menggunakan mesin poles, cek terlebih dahulu mesin yang kamu gunakan. kamu harus memastikan bahwa busa pada mesin sesuai dengan tempatnya atau kegunaannya. Perlu diperhatikan juga karena biasanya kain poles atau busa terdiri dari beberapa model.

Model-model tersebut yang biasanya membuat bingung seseorang. Ada yang konturnya rata, bergelombang dengan ketebalan agak keras atau yang terbuat dari bulu.

B. Gunakan Kecepatan Rendah

Langkah selanjutnya, kamu perlu menggunakan kecepatan yang rendah terlebih dahulu dalam pengoeprasian mesin. Secara bertahap kamu bisa menaikkan kecepatannya dari yang awalnya pelan ke tahap medium.

C. Posisi Mesin Harus Rata

Langkah yang ketiga yaitu posisi mesin harus rata dan tidak boleh miring. Hal ini sangat penting karena jika mesin dalam kondisi miring, maka akan berakibat pada kerusakan cat.

D. Jangan Memoles Terlalu Lama

Apabila kamu menggunakan mesin poles untuk mempercantik mobil, maka usahakan jangan terlalu lama penggunaannya karena hal ini bisa merusak lapisan cat. Akan lebih baik jika kamu tidak terlalu menekan karena akan berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen body mobil.

Bahan yang Disiapkan Saat Poles Mobil

Setelah mengetahui bagaimana cara memoles mobil baik dengan atau tanpa mesin, kamu juga perlu mengetahui bahan apa yang digunakan untuk poles mobil.

1. Wax

Wax adalah cairan untuk menghilangkan goresan yang beberapa waktu sedang diminati. Manfaatnya mampu menghilangkan goresan halus. Tersedia dalam dua bentuk yaitu padat dan cair.

wax

Namun perlu diperhatikan bahwa wax ini mengandung zat yang sifatnya abrasif. Jadi kamu tidak boleh menggunakannya secara berlebihan karena akan menghilangkan kualitas dari cat mobil itu sendiri.

2. Compound

Jika wax bisa menghilangkan goresan, maka compound memiliki fungsi tambahan lainnya. Tidak hanya menghilangkan goresan saja tetapi juga mampu merawat cat mobil. Tidak heran jika ada mobil yang dipoles menggunakan compound catnya akan lebih awet.

compound

3. Spray

Spray belakangan ini juga banyak dipilih karena masyarakat berpendapat bahwa ia mampu menghilangkan goresan yang cukup dalam. Kekurangannya, perlu ketelitian cukup tinggi dalam proses penggunaannya.

Mengingat bahwa spray memang dipakai secara khusus untuk mengisi bagian mobil yang tergores cukup dalam dan besar. Pada umumnya, pemolesan menggunakan spray ini dilakukan oleh tenaga ahli.

spray

4. Touch Pen

Terakhir adalah touch pen yang sesuai namanya, alat ini bekerja seperti menulis pada goresan tertentu yang ingin dihilangkan. Alat ini sangat cocok untuk memperbaiki cat mobil yang berbentuk garis.

touch pen

Sekarang kamu sudah paham kan apa saja tahapan poles mobil lengkap dengan peralatan atau bahan yang perlu dipersiapkan? Apabila memiliki waktu luang, maka kamu bisa mengerjakannya sendiri, tetapi jika tidak lebih baik bawa ke ahlinya untuk mendapatkan perawatan dan hasil yang lebih maksimal.