Masukan Kata Kunci Pencarian

Review Toyota Calya 2021

Masih di kelas LCGC, Toyota Calya hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang nyaman dengan desain elegan. Mobil yang diproduksi oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) ini menyediakan kabin yang cukup lega dengan kapasitas 7 penumpang.

Seperti mobil kelas LCGC lainnya, Toyota Calya juga ditawarkan dengan harga yang cukup kompetitif sehingga sangat cocok untuk Anda yang mencari mobil dengan harga dibawah Rp 200 juta. Mobil ini disebut-sebut sebagai penerus Avanza dan diharapkan bisa menyandang predikat mobil sejuta umat.

Tentang Toyota Calya

Toyota Calya merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) di kelas LCGC yang dirilis oleh Toyota Astra Motor pada tahun 2016. Mobil ini merupakan inisiasi dari PT. Astra Daihatsu Motor dengan PT. Toyota Astra Motor yang menghadirkan pilihan mobil murah 7 seat seperti Xenia dan Avanza.

Dengan konsep yang ekonomis, muat banyak penumpang dan ramah lingkungan, Toyota Calya banyak dilirik oleh konsumen yang mencari MPV harga murah. Mobil yang masuk dalam kategori mobil low budget ini diperbarui kembali pada tahun 2019 dengan diluncurkannya Toyota Calya tipe facelift.

Peluncuran tersebut rupanya juga bersamaan dengan diluncurkannya Daihatsu Sigra versi facelift. Untuk pembaruannya sendiri meliputi beberapa bagian seperti di eksterior, interior, hingga beragam fitur yang disajikan dalam teknologi modern yang lebih canggih.

Agar terlihat lebih fresh, Toyota Calya lebih mengedepankan segi fleksibilitasnya, sesuai dengan slogan barunya yang mengusung tema “Partner in Times”. Jenis mobil ini juga diharapkan mampu memenangkan persaingan di kelas LCGC dan merajai pasar otomotif Indonesia.

Terlebih dengan data penjualannya yang terlihat memuaskan sejak pertama kali diluncurkan, membuat Toyota Calya semakin bersinar di tengah persaingan produk otomotif yang semakin ketat.

Eksterior Toyota Calya 2021

Dengan desain eksteriornya yang elegan dan stylish, Toyota Calya mampu melenggang dengan percaya diri karena tampilannya cukup berkelas dan jauh dari kesan murah. Sekilas, mobil ini memang terlihat mirip dengan Toyota Avanza, namun dari segi ukurannya memang sedikit lebih pendek.

Konsep mobil Toyota Calya dengan versi facelift memang terlihat lebih menarik dengan desainnya yang modern dan kekinian. Pada bagian depan terdapat pembaruan di bagian lampu depan, dengan teknologi LED khas MPV. Sementara logo Toyota yang berada di tengah membuatnya terlihat mahal.

Calya versi terbaru sudah dilengkapi dengan fitur lampu kabut atau fog lamp yang berada di samping kanan dan kiri dengan bentuk sedikit memanjang. Samping kiri dan kanan mobil ini juga didesain dengan sentuhan yang lebih modern dari versi sebelumnya.

Interior Toyota Calya 2021

Dengan mengusung konsep yang lebih modern dan fresh, interior Toyota Calya dirancang agar memberikan kenyamanan saat berkendara, bagi penumpang maupun pengemudinya. Sementara pada bagian dashboard memadukan unsur hitam dan coklat gelap untuk menampilkan kesan yang elegan.

Fitur Hiburan

Selain itu, head unit pada bagian dashboard dilengkapi dengan teknologi touchscreen di bagian tengahnya. Fitur ini akan menampilkan berbagai macam menu yang bisa dipilih sebagai media hiburan selama berkendara. Mulai dari DVD Player, Bluetooth, USB, iPod/iPhone Connectivity dan fitur AUX.
Ada juga fitur di bagian setir kemudi, yang akan memudahkan untuk mengontrol audio tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Jok dan Fitur Penyimpanan Barang

Interior Toyota Calya sengaja dirancang untuk memberikan kenyamanan, dengan tampilan yang elegan dan berkelas. Termasuk pada pemilihan warna jok yang menggunakan unsur warna Dark Brown serta material yang berkualitas.
Sedangkan pada kursi penumpang di baris pertama juga dilengkapi dengan fitur modern yang berfungsi untuk menyimpan barang bawaan agar lebih aman.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Untuk keamanan dan keselamatan selama berkendara, Toyota Calya telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang cukup lengkap. Fitur tersebut meliputi SRS Airbags pada bagian depan, Rear Parking Sensor, serta fitur Immobilizer Key untuk mengantisipasi resiko terjadinya pencurian.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah ISOFIX pada sistem pemasangan kursi untuk bayi atau balita serta Anti Theft System yang akan membuat keamanan dan keselamatan penumpang semakin terjamin.

Mesin Toyota Calya 2021

Toyota Calya dilengkapi dengan mesin 3NR, mempunyai kapasitas 1.197 cc dengan 4 silinder yang mengusung teknologi Dual VVT-i dengan tenaga maksimal 88 ps pada putaran 6.000 rpm. Serta torsi maksimum 11 Kgm dengan putaran 4.200 rpm.
Mobil MPV ini juga didukung oleh transmisi manual dengan 5 percepatan serta transmisi otomatis dengan 4 percepatan.

Performa Toyota Calya 2021

Dengan teknologi mesin yang telah disematkan, Toyota Calya mampu menghasilkan performa yang cukup tangguh di jalanan. Hal ini didukung dengan ground clearance 180mm yang mampu membuat mobil melewati berbagai medan, bahkan di medan yang terjal dan berbatu.

Sementara suspensi pada bagian depan dan belakang Toyota Calya sudah didukung teknologi modern sehingga menghasilkan kenyamanan lebih saat berkendara. Apalagi kedua suspensi telah dipasangkan per ulir yang akan membuat peredamnya jauh lebih aman.

Konsumsi BBM Toyota Calya 2021

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,Toyota Calya merupakan jenis mobil MPV di kelas LCGC sehingga untuk konsumsi bahan bakar cenderung lebih irit. Konsumsinya sendiri berada di angka 1:20 yang artinya adalah 1 liter bisa untuk menempuh jarak hingga 20 km.

Sebagai mobil LCGC, Toyota Calya memang dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan irit, seperti mobil lainnya sekelas Ayla, Agya, Karimun Wagon R, Datsun Go+, hingga Brio Satya. Semua tipe mobil tersebut diketahui telah teruji mampu menempuh 20 km dengan bahan bakar 1 liter.

Untuk Toyota Calya sendiri kebutuhan bahan bakarnya adalah 14 km per liter di dalam kota, dan 20 km per liter di jalan bebas hambatan (tol).

Warna Toyota Calya 2021

Untuk memberikan keleluasaan pada konsumen dalam memilih warna, Toyota Calya tersedia dalam beberapa pilihan warna yang sangat menarik. Warna yang tersedia antara lain adalah Black, White, Red, Silver Metallic, Grey Metallic, Orange Metallic, hingga Bronze Metallic.

Harga Toyota Calya

Sebagai mobil kelas LCGC, Toyota Calya dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif di bawah Rp 200 juta. Untuk mobil terbaru, harganya berkisar antara Rp 147 jutaan hingga Rp 165 jutaan. Berikut ini adalah daftar harga Toyota Calya sesuai dengan tipenya:

Tipe Mobil Harga
Toyota Calya E M/T Rp 147,35 juta
Toyota Calya G M/T Rp 153,65 juta
Toyota Calyaa G A/T Rp 165,85 juta

Kesimpulan Toyota Calya

Kehadiran Toyota Calya sebagai MPV kelas LCGC yang terdiri dari 7 tempat duduk bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan dari Toyota Avanza yang harganya semakin meroket. Dengan kelengkapan fitur di dalamnya, serta desain interior dan eksterior yang berkelas mobil ini sangat pantas untuk dilirik.

Selain itu konsumsi bahan bakar yang cukup irit bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk segera meminang Toyota Calya. Terlebih harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif, bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari mobil MPV 7 seater dengan budget dibawah Rp 200 juta.