0812 - 3747 - 4047

Penyebab Piringan Cakram Rem Mobil Berkarat

Cakram rem adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai sistem pengereman. Komponen ini menjadi salah satu komponen penting dalam keselamatan berkendara, karena tanpa adanya komponen ini kamu tidak bisa mengurangi kecepatan mobil yang sedang melaju.

Cakram rem tersusun dari piringan yang terbuat dari logam. Kamu bisa melihat contohnya pada gambar berikut:

Salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh pemilik mobil yaitu cakram rem yang berkarat. Misalnya seperti gambar dibawah:

Apakah cakram rem mobil kamu pernah mengalami hal seperti ini? Karat tersebut mengandung kotoran dan dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan cakram rem menjadi berlubang atau permukaannya menjadi tidak rata sehingga sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik.

Apa yang Menyebabkan Cakram Rem Menjadi Berkarat?

Cakram rem yang berkarat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Air Hujan

Bepergian saat hujan memang sulit untuk dihindari, tidak bisa dipungkiri air hujan yang membasahi piringan cakram rem bisa menyebabkan piringan tersebut menjadi berkarat. Terlebih air hujan mengandung kadar asam yang menimbulkan karat jika dibiarkan menempel pada komponen mobil yang terbuat dari besi atau logam.

2. Genangan Air

Saat terjadi musim hujan, seringkali kita menemui jalanan yang tergenang air, hal ini tentunya akan sulit dihindari ketika kita melewati jalan tersebut. Genangan air tersebut juga bisa membuat piringan cakram rem mobil kamu menjadi berkarat.

3. Mencuci Mobil

Selain air hujan dan genangan air, air yang digunakan untuk mencuci mobil juga menjadi salah satu penyebab piringan cakram rem menjadi berkarat. Apalagi piringannya terletak di dalam velg mobil sehingga sulit untuk dikeringkan (di lap).

Lalu bagaimana cara mengatasi karat pada piringan mobil?

Salah satu cara untuk mengatasi karat pada piringan cakram rem mobil yaitu menggunakan “brake cleaner”. Brake cleaner adalah cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan sistem pengereman dari berbagai kotoran dan debu yang dapat mengganggu kinerja sistem pengereman.

Berikut salah satu contoh produk brake cleaner yang bisa kamu gunakan:

Sumber: blibli.com

Cara melakukannya:

  • Lepaskan ban mobil terlebih dahulu dan buka bagian piringan cakram rem.
  • Semprotkan cairan brake cleaner merata pada bagian piringan.
  • Lap piringan menggunakan kain microfiber ataupun kanebo.
  • Lakukan dua kali penyemprotan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jika dirasa sudah bersih, pasang kembali piringan cakram rem dengan benar.

Nah gampang kan? Namun jika kamu kesulitan untuk melakukannya, kamu bisa meminta bantuan di salah satu bengkel langganan kamu.

Semoga bermanfaat.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang