Masukan Kata Kunci Pencarian

mengemudi ala polisi

10 Tips Mengemudi Ala Polisi

Mengemudikan kendaraan tidak boleh sembarangan, cara mengemudi harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Tak lain tujuannya adalah untuk bisa sampai tujuan dengan selamat.

Dan setiap warga negara wajib untuk melaksanakan peraturan yang ditetapkan. Salah satunya adalah mengemudi dengan baik dan benar. Divisi Humas Mabes Polri sebenarnya sudah merilis bagaimana tips mengemudi ala polisi yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Tips tersebut dimulai dari menyalakan mobil hingga menghemat bahan bakar. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima atau dalam keadaan baik. Periksa semua fungsi komponen kendaraan dan jangan sampai ada yang terlewat.

Kamu bisa memulai dengan melakukan pengecekan lampu indikator, body, dan apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Jangan lupa memeriksa tekanan angin ban, apakah kurang atau justru kelebihan.

Lanjut dengan memeriksa komponen bagian bawah, cek apakah ada oli yang bocor hingga mengetes rem berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Tahukah kamu bahwa beban yang terlalu banyak tentunya bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu memasukkan barang yang hanya dibutuhkan saja.

Apabila kendaraan yang kamu gunakan memiliki tempat untuk barang-barang tambahan dan tidak sedang digunakan, maka sebaiknya dilepas saja, tetapi apabila digunakan untuk membawa barang, sebaiknya kurangi kecepatan laju agar tidak ada yang jatuh.

3. Penggunaan Safety Belt

Keberadaan safety belt atau sabuk pengaman sangatlah penting, tetapi banyak yang tidak sadar atau bahkan cenderung mengabaikan. Padahal penggunaan safety belt bertujuan agar terlindung dari cedera lebih berat ketika terjadi kecelakaan.

Cara memakai sabuk pengaman yang benar adalah dengan menyilangkannya dari tulang bahu ke pinggul. Mengapa harus ke dua bagian tubuh tersebut? Karena keduanya merupakan tulang paling kokoh yang ada pada tubuh kita.

4. Menyesuaikan Posisi Spion

Tips mengemudi ala polisi yang baik dan benar selanjutnya adalah pengemudi harus menyesuaikan spion dalam dan samping. Tujuannya agar semua sudut di jalan raya, atau pengendara di belakang terlihat secara lebih optimal.

Apabila kamu mengemudi dengan mobil, pasti ada yang namanya blind spot area yaitu area yang tidak terlihat mengemudi dan hal inilah yang menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Akan lebih baik sebelum pindah jalur atau berputar, lebih berhati-hati.

5. Menguasai Setir

Selanjutnya yaitu penguasaan setir pengemudi agar terhindar dari kecelakaan. Posisi yang ideal ketika memegang setir adalah memposisikan kedua tangan tepat di jarum jam 3 dan 9.

6. Menghilangkan Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

Beberapa orang terlalu menyepelekan hal-hal yang berbahaya dilakukan ketika mengemudi, misalnya merokok, makan, minum hingga mengobrol. Hal ini tentu tidak baik untuk dilakukan karena bisa mengganggu konsentrasi pengemudi.

Bukan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan di atas, hanya saja lebih baik berhenti terlebih dahulu di tempat yang aman dan memastikan bahwa telepon selular terhubung dengan hands-free.

7. Menjaga Jarak Aman

Mungkin kamu pernah melihat tulisan di belakang mobil lain yaitu “jaga jarak aman”. Slogan tersebut perlu ditaati oleh setiap pengendara dan termasuk salah satu tips mengemudi ala polisi yang baik dan benar.

Pengemudi yang defensive biasanya memberikan ruang antar mobil yang ada di depan, belakang dan sampingnya. Usahakan untuk tidak mengikuti terlalu dekat, karena kita tidak mengetahui hal yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

8. Memahami Teknik Pengoperasian Gigi Transmisi

Beberapa mobil sudah didesain dengan teknologi yang ramah bahan bakar, tetapi tidak semua pengemudi memahami hal ini. Perlu diketahui bahwa bahan bakar bensin bekerja di putaran antara 2000 hingga 2500 rpm.

Jadi ketika kamu ingin melakukan perpindahan gigi, sebaiknya tetap jaga aman di putaran atau jarak tersebut. Terlebih saat terjadi kenaikan pada jenis bahan bakar tertentu. Bukankah berhemat jauh lebih baik?

9. Memperhatikan Momentum Kendaraan

Seorang pengemudi yang baik pasti mampu memperhatikan momentum kendaraan dengan cermat. Contohnya kamu bisa melakukan pengangkatan kaki dari pedal gas lebih awal dan membiarkan mobil melaju sebelum akhirnya pedal rem diinjak. Cara tersebut dilakukan sebelum mendekati perempatan, pertigaan hingga pemberhentian lalu lintas.

10. Matikan Mesin Mobil dalam Waktu yang Tepat

Mematikan mesin mobil menjadi hal wajib untuk dilakukan ketika mobil berhenti dan sudah terdiam selama kurang lebih 20 detik.

Mengapa cara ini harus dilakukan? Karena mesin yang hidup dalam jangka waktu 3 menit akan menghabiskan bahan bakar sama dengan perjalanan sejauh 1 km dengan kecepatan 50 km/jam.

11. Selalu Membawa Surat-Surat Lengkap

Terakhir adalah hal yang sering dilupakan atau diabaikan yaitu tidak membawa surat-surat yang dibutuhkan saat mengemudi seperti STNK atau SIM. Bahkan beberapa orang sudah nekat mengemudi di jalan raya dengan kecepatan yang tinggi tanpa membawa surat izin.

Tidak heran jika polisi melakukan tindakan tegas dengan memberikan surat tilang agar pengendara tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Mengemudi tanpa surat izin yang sah bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jika kamu memang membutuhkan bimbingan untuk menerapkan trik di atas, maka harus mulai mencari tempat kursus mengemudi. Pihak kursus akan memberitahukan dan mengajarkan kamu bagaimana tips mengemudi ala polisi yang aman, baik dan benar.

Manfaatnya, kecelakaan bisa diminimalisir, tidak menghabiskan bahan bakar yang banyak, menghemat waktu dan tenaga serta masih banyak lagi yang lainnya.

Tips mengemudi ala polisi di atas juga bisa langsung diterapkan apabila kamu sudah berpengalaman dalam menyetir mobil dan mendapatkan SIM. Hal terpenting yang perlu diingat,  keselamatan di jalan adalah tanggung jawab masing-masing pengendara.