Masukan Kata Kunci Pencarian

Kenapa Harga Mobil Matic Lebih Mahal?

Kenapa Harga Mobil Matic Lebih Mahal?

Berdasarkan cara mengemudikannya, mobil dibedakan menjadi dua jenis yakni mobil manual dan matic. Mobil matic saat ini jauh lebih populer dibandingkan manual karena penggunaannya yang sangat mudah. Inilah yang menjadi alasan kenapa harga mobil matic lebih mahal.

Meski begitu, beberapa kalangan juga tetap setia menggunakan mobil manual karena dianggap lebih lincah dan harganya yang terjangkau. Tentu saja anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa hal lain yang mendasari mahalnya mobil matic. 

Alasan Kenapa Harga Mobil Matic Lebih Mahal

Bagi Anda yang menyukai matic, selisih harganya yang sedikit mahal tentu tidak menjadi masalah besar. Terlebih dalam mobil matic terdapat berbagai kelebihan yang sesuai dengan harganya. Beberapa alasan  terkait mahalnya harga mobil matic dibanding manual adalah:

1. Mudah Digunakan

Secara umum, alasan utama seseorang lebih memilih mobil matic dibandingkan manual adalah karena cara menggunakannya yang lebih mudah. Tentu saja masyarakat lebih menyukai mobil yang mudah digunakan sehingga pasaran harganya juga lebih tinggi dibandingkan yang manual. Meski ada alasan lain terkait komponen dan susunan matic yang lebih kompleks, tapi pada dasarnya masyarakat membeli matic dengan harga tinggi karena dukungan kenyamanannya. Terlebih bagi kalangan wanita yang ingin mengendarai mobil dengan lebih mudah dan simpel.

2. Hemat Energi Pengendara

Alasan selanjutnya karena penggunaan mobil matic memberikan kemudahan bagi pengendaranya agar lebih hemat energi. Saat mengendarai matic, kaki pengemudi bisa fokus pada dua hal saja yakni gas dan rem. Sementara tangan yang digunakan juga hanya fokus pada setir dan tuas gigi. Ini jauh berbeda dengan mobil manual yang menuntut semua anggota tubuh untuk ikut bergerak. Kaki kanan fokus pada gas dan rem, sementara kaki kiri siaga menginjak pedal kopling. Bahkan saat mengganti tuas gigi, tangan kanan juga masih harus bergerak mengendalikan setir. Untuk perjalanan jauh yang melelahkan, tentu saja pengemudi lebih menginginkan kendaraan yang bisa dipakai dengan mudah tanpa banyak tenaga untuk mengemudikannya.

3. Hanya Menggunakan Dua Pedal yang Praktis

Berbeda dengan komponen utama mobil manual, matic hanya dilengkapi dengan dua pijakan pada bagian kaki kanan, yakni pedal gas dan pedal rem. Sedangkan di sisi kiri kaki bisa leluasa bergerak tanpa harus siaga menginjak kopling. Posisi ini biasanya sangat disukai oleh pemula dan wanita yang baru pertama kali mengendarai mobil. Tidak heran jika sebagian besar orang yang bisa menggunakan mobil matic tidak bisa mengendarai mobil manual yang dilengkapi 3 pedal. 

4. Dilengkapi Komponen Torque Converter Pengganti Kopling

Apabila membahas harga mobil dari komponennya, tentu saja harga matic lebih mahal dibandingkan manual. Salah satu komponen berteknologi yang membuat matic cukup mahal adalah Torque Converter. Komponen ini tidak ada pada mobil manual yang bisa dikendalikan dengan pedal pada bagian kakinya. Torque Converter sendiri dipasang pada input shaft dan dikencangkan menggunakan baut. Di dalamnya sudah berisi ATF yang berperan sebagai minyak transmisi otomatis.

Komponen inilah yang berperan menggantikan kopling manual menjadi kopling otomatis karena bisa memindah dan memutus hubungan mesin dengan transmisi. Tidak hanya menggantikan fungsi kopling manual, Torque juga berguna untuk mengalirkan tekanan torsi dengan pompa turbin. Cara kerjanya juga sama dengan kopling manual, yakni mengubah putaran turbin ke roda sehingga bisa menjalankan mobil. 

5. Beberapa Matic Sudah Dilengkapi dengan Teknologi CVT

Alasan berikutnya kenapa harga mobil matic lebih mahal adalah karena beberapa jenis matic terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi CVT. Teknologi ini sangat disukai karena mampu memberikan suasana berkendara yang sangat nyaman akibat perpindahan kecepatannya yang lebih halus. Bahkan saking halusnya, pengemudi mobil matic dengan teknologi CVT sampai tidak bisa merasakan adanya perpindahan gigi yang sudah dilakukan selama berkendara. Tidak hanya itu, teknologi ini juga memungkinkan mobil bisa dikendarai dengan tenang karena tidak noise dan sangat efisien.

6. Sudah Dilengkapi Teknologi Hemat Bahan Bakar

Sejak pertama kali muncul, mobil matic sudah terkenal dengan kelemahannya yang boros dengan bahan bakar. Hingga saat ini, anggapan tersebut masih diyakini oleh sebagian besar masyarakat awam. Padahal seiring dengan kemajuan teknologi, mobil matic terus mengalami pembaruan salah satunya sudah mendukung teknologi yang lebih hemat bahan bakar. Untuk teknologi matic zaman dulu, tenaga yang bisa diteruskan hanya mencapai 98 persen saja sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar hingga dua persen. Tapi saat ini teknologi yang dikembangkan matic sudah mampu mentransfer tenaga dari mesin ke roda hingga 100 persen. Tidak heran kalau penggunaannya jauh lebih hemat dibandingkan matic di masa-masa awal perkembangannya.

7. Lebih Awet

Matic juga terkenal dengan perawatannya yang dianggap lebih rumit dan membutuhkan biaya yang besar. Padahal dibalik perawatannya tersebut, nyatanya matic juga menjadi mobil yang lebih awet digunakan karena mampu menyesuaikan perilaku pengemudinya. Untuk mobil manual, perpindahan gigi secara kasar dan tidak tepat yang dilakukan oleh pengemudi bisa menyebabkan transmisi mobil mudah rusak sehingga harus diperbaiki. Kondisi ini tidak akan terjadi pada mobil matic, karena peralatan dan teknologi canggih yang sudah disematkan pada kendaraan ini mempermudah pengemudi untuk mengendalikan perpindahan antar gigi. Bahkan sistem elektronik dan hidrolik di dalamnya sudah dikombinasikan secara pas oleh teknologi komputer. Inilah yang menjadi faktor pendukung matic lebih awet dan tahan terhadap perilaku pengemudi yang kasar.

8. Dilengkapi dengan Komponen Manual Linkage

Beberapa jenis matic yang harganya sangat mahal biasanya juga sudah dilengkapi dengan komponen manual linkage. Komponen ini memungkinkan pengendara untuk menggunakan transmisi secara manual meskipun pada dasarnya jenis mobil yang dipakai menggunakan transmisi otomatis.

9. Aman dan Nyaman Saat Digunakan Menanjak

Keamanan dan kenyamanan mobil matic saat digunakan menanjak juga menjadi salah satu faktor yang membuat harganya lebih mahal. Ini menjadi salah satu keunggulan matic yang tidak dimiliki oleh mobil manual. Pasalnya gigi mobil manual harus disetel secara manual agar bisa melewati jalan menanjak. Berbeda dengan matic yang sudah dilengkapi dengan gigi khusus untuk digunakan pada jalan menanjak. Jadi, tidak perlu khawatir mobil akan bergerak mundur ketika sudah menarik tuas pada posisi ini. 

10. Memiliki Banyak Varian Transmisi yang Canggih

Mobil matic juga memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan varian transmisi otomatis yang digunakan. Semakin canggih teknologi transmisinya, semakin tinggi pula harganya. Varian harga yang menonjol ini tidak akan ditemukan pada mobil manual yang cara penggunaannya rata-rata sama. 

Bahkan hingga saat ini sudah ditemukan 6 jenis transmisi pada mobil matic. Varian transmisi tersebut meliputi:

  • Transmisi Otomatis

Matic dengan transmisi otomatis biasanya terdiri dari 3 komponen utama, yaitu Planetary Gear Unit, Torque Converter, dan Hydraulic Control Unit. Ciri khas matic dengan transmisi ini adalah adanya tuas perseneling dengan tombol OD yang berguna memindahkan tuas dari posisi P. 

  • Transmisi Semi Otomatis

Transmisi ini memadukan sistem perpindahan gigi manual dengan perseneling. Jadi pengemudi tidak harus menginjak kopling saat menggunakannya. 

  • Double Clutch Gearbox

Teknologi mobil matic dengan transmisi ini tergolong sangat canggih sehingga harganya juga cukup tinggi. Dalam komponennya terdapat 2 kopling sekaligus yang semuanya telah diatur otomatis oleh komputer. Kelebihan transmisi adalah tingkat akselerasinya yang cukup baik dengan perpindahan gigi yang halus. 

  • Transmisi Otomatis Elektronik

Transmisi ini banyak ditemukan pada mobil mewah sekelas BMW. Transmisi elektronik memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi dengan tuas transmisi ataupun perseneling. 

  • Sequential Manual

Transmisi ini memungkinkan pengendara mobil untuk memakai model manual ataupun auto dengan bantuan sistem komputer dalam perpindahan giginya. Mobil matic jenis ini bisa dilihat pada mobil mewah kelas atas seperti Lamborghini, BMW, dan Ferrari.  

  • CVT (Continuously Variable Transmission)

Ciri khas yang menjadi kelebihan sistem CVT dan membuat harga matic jenis ini mahal adalah tidak adanya hentakan saat memindahkan posisi. Sistemnya tidak lagi memakai gigi, namun memanfaatkan rasio belt.

Demikianlah beberapa alasan kenapa harga mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil manual. Tentu saja berbagai kelebihan matic serta komponennya yang sangat lengkap ini sesuai dengan harganya yang tinggi. Jadi, pengemudi bisa tetap berkendara dengan nyaman dan aman.  

Pesan sponsor


Shopee Indonesia