0812 - 3747 - 4047

Cara Menghentikan Laju Mobil Ketika Rem Blong

Mengendarai mobil dengan kondisi rem mobil blong tentu saja sangat berbahaya dan mengancam keselamatan diri sendiri atau pengguna jalan lainnya.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya perawatan pada sistem rem mobil, adanya udara yang masuk pada saluran minyak rem, atau melaju pada jalan yang menurun dan cukup panjang.

Menghentikan mobil dengan rem yang blong memang tidak mudah, tetapi kamu tidak boleh panik, tetap waspada, dan beri kode kepada pengemudi lain dengan menyalakan “lampu hazard”.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan laju mobil saat rem blong.

1.Tekan Pedal Rem Secara Terus Menerus

Salah satu penyebab rem blong yaitu adanya gelembung udara yang masuk pada saluran minyak rem. Gelembung udara ini dapat membuat tekanan minyak rem yang menuju ke kampas rem menjadi lemah sehingga rem blong.

Maka cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan terus menekan pedal rem. Hal ini akan membuat tekanan minyak rem yang kuat sehingga mobil bisa melakukan pengereman.

2. Gunakan Engine Brake

Engine brake adalah teknik pengereman yang dibantu oleh mesin untuk menurunkan laju kecepatan kendaraan dengan cara menurunkan gigi persneling ketingkat yang lebih rendah.

Untuk mobil transmisi manual, lakukan penurunan gigi persneling hingga ke gigi paling rendah secara bertahap. Misalnya dari gigi 4 kita turunkan ke gigi 3, kemudian biarkan laju mobil tertahan oleh engine brake sesaat.

Lakukan kembali untuk menurunkan gigi persneling dari gigi 3 ke gigi 2. Kemudian biarkan proses engine brake kembali terjadi. Lanjutkan terus proses menurunkan gigi hingga ke gigi 1

Dan jangan menurunkan gigi persneling lebih dari 1 gigi , seperti misalnya dari gigi 4 langsung dipindah ke gigi 1, karena hal ini dapat merusak mesin kamu.

Begitupun untuk mobil dengan transmisi matic, kamu bisa langsung memindahkan tuas persneling ke tingkat yang paling rendah secara bertahap, misalnya dari ke posisi gigi 1 atau L ke gigi 2, kemudian gigi 2 ke gigi D (masing-masing mobil memiliki jumlah gigi yang berbeda-beda).

Kamu juga dilarang untuk menurunkan gigi mobil hingga ke posisi N (Netral).

3. Gunakan Rem Tangan

Cara ketiga yang perlu kamu lakukan yaitu menarik rem tangan / rem parkir untuk menghentikan laju mobil.

Namun, ketika menggunakan rem tangan kamu juga harus berhati-hati, jangan langsung menarik rem tangan secara kuat, namun tarik rem tangan secara perlahan hingga laju kendaraan perlahan berhenti.

Langsung menarik secara kuat, bisa membuat laju mobil tidak stabil, kamu juga akan kehilangan kendali ketika mengemudi.

4. Gunakan Jalur Penyelamatan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan jalur penyelamat (jika tersedia). Jalur penyelamatan juga disebut dengan istilah “emergency safety area” dan biasanya berada di sisi kiri jalan.

Emergency safety area ini merupakan jalan menanjak yang memiliki lebar 3 meter, panjang 20 meter dan ketinggian tanjakan hingga 6 meter. Jalur penyelamatan ini umumnya memiliki dasar bebatuan kecil (gravel) dan pasir sehingga mampu meredam hingga menghentikan laju kendaraan.

Berikut contohnya seperti gambar dibawah:

Jika pada jalan yang sedang kamu lalui menyediakan jalur penyelamatan ini, maka gunakanlah jalur tersebut sebagai cara untuk menghentikan laju mobil saat rem blong.

Nah, demikianlah cara menghentikan laju mobil saat rem blong yang bisa kamu lakukan. Tetap tenang dan lakukan 4 hal diatas. Semoga bermanfaat.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang