Masukan Kata Kunci Pencarian

cara mencuci mobil yang benar

Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Hakikat dari mencuci mobil bukan hanya tentang membasuh dan mengusap bagiannya. Apabila kurang cermat dalam pengerjaannya, justru akan beresiko tergores dan penampilannya kurang prima. Oleh karena itu Anda wajib tahu bagaimana cara mencuci mobil yang benar.

Tujuannya agar cat mobil lebih awet, bebas goresan dan penampilannya membuat orang lain terpesona. Penasaran bagaimana penjelasannya? Ini dia!

Cara Mencuci Mobil yang Benar dan Baik, Ikuti!

Mencuci mobil bisa dilakukan dirumah atau di bengkel. Namun yang paling terpenting, semua langkah pencucian dari penggunaan peralatan hingga finishing dilakukan dengan berhati-hati dan bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam kendaraan.

Lalu bagaimanakah caranya yang benar? Mengingat selama ini, beberapa orang mencuci hanya sekedar mengoleskan saja asal semua terlihat bersih, tanpa ada cara atau langkah khusus.

1. Siram Air ke Seluruh Bagian Mobil

Air adalah komponen yang utama dalam melakukan kegiatan mencuci, tidak hanya mobil tetapi juga yang lainnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiram seluruh body luar mobil menggunakan air.

Tujuannya agar semua kotoran atau debu tipis yang menempel bisa hilang, sehingga Anda akan dimudahkan ketika mengaplikasikan sabun atau shampoo nantinya. Anda bisa menggunakan air kran atau timba.

Lakukan penyiraman secara urut, dari atas hingga bawah. Jangan lupa pada bagian roda dan pelek. Pastikan semua bagian mobil basah sempurna.

2. Gunakan Air yang Mengalir

Apabila Anda ingin mencuci mobil dengan sangat bersih, maka lebih baik gunakan air yang mengalir. Kecuali jika Anda menggunakan sabun dengan tekstur cair, maka air di ember boleh dipergunakan.

Air yang mengalir ini fungsinya juga sangat penting ketika Anda masuk ke tahap pembilasan. Mengingat ember saja tidak cukup karena berpotensi masih ada sisa sabun dan kotoran yang menempel.

3. Gunakan Sabun atau Shampoo Khusus

Satu hal yang paling sering diabaikan seseorang dalam mencuci mobil adalah penggunaan sabun atau shampoo. Terkadang membelinya sembarangan, asal ada. Bukan menggunakan produk yang khusus untuk mobil.

Padahal sabun atau shampoo khusus mobil sengaja didesain agar tetap ramah terhadap cat dan komponennya, sehingga penggunaan yang tidak tepat tentu akan berpotensi meninggalkan goresan atau kotoran dan debu kurang tersapu bersih.

Hindari penggunaan deterjen untuk mencuci mobil, bahkan dalam keadaan paling kotor sekalipun karena bahan yang ada di dalamnya berbahaya. Walaupun efeknya tidak secara langsung namun bagian bodi akan mengalami pengelupasan seiring berjalannya waktu.

4. Cuci Bagian Velg dan Roda

Cara mencuci mobil yang benar adalah membersihkan semua komponennya. Bahkan di tempat yang sulit dijangkau sekalipun seperti roda dan velg. Anda harus membersihkannya juga agar mobil bersih dengan sempurna.

Ditambah lagi kedua bagian tersebut adalah yang paling kotor dan mudah ditempeli debu, sehingga sulit untuk dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dimulai dari bagian yang paling luar hingga terdalam.

Apabila diperlukan, Anda bisa masuk ke bagian bawah mobil untuk membersihkan area yang sulit dijangkau secara menyeluruh. Ingat ya jangan yang terlihat saja, yang tidak terlihat biasanya justru terdapat banyak kotoran.

5. Keringkan dengan Kain Khusus

Proses mencuci sudah selesai, sekarang saatnya Anda melakukan teknik pengeringan menggunakan kain lap khusus. Lakukan proses ini dengan membiarkan air pada body luar belum menetes ke bawah.

Gunakan juga lap khusus yang bertekstur lembut dan arahkan dari atas ke bawah. Penggelapan ini harus searah ya jangan dilakukan bolak-balik. Tujuannya agar pencucian yang sudah dilakukan tidak sia-sia dan mobil bersih yang mengkilap akan didapatkan.

Usahakan tidak ada noda sedikitpun yang menempel. Jika ada, jangan diulang proses pencucian dari awal karena akan memakan banyak waktu. Cukup bersihkan dengan kain lap pada bagian yang kurang bersih tadi.

6. Gunakan Cairan Khusus

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan cairan khusus agar body mobil terlihat lebih mengkilap. Cara ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang merasa mobilnya masih kusam walaupun sudah dicuci.

Oleskan cairan khusus tersebut ke seluruh bagian mobil. Bagian yang mengkilap akan terlihat lebih indah jika dipandang dari kejauhan. Anda bisa mengaplikasikan cairan khusus ini dari atas hingga bawah.

Setelah melakukannya, tunggu sebentar hingga cairan mengering dan meresap. Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan mobil untuk jalan-jalan dan terlihat seperti baru.

7. Jangan Mencuci di Bawa Sinar Matahari Langsung

Cara mencuci mobil yang benar dan kurang disadari oleh masyarakat adalah melakukannya di bawah sinar matahari langsung dengan alasan agar mudah kering. Hal ini tentu tidak dibenarkan karena sinar yang terlalu terik bisa menyebabkan masalah yang serius pada cat body.

Sebaiknya, Anda bisa mencuci di pagi atau sore hari karena di waktu itulah sinar matahari berada dalam kondisi sedang. Jadi bagian mobil akan lebih mudah kering tanpa bermaksud untuk merusak catnya. Sampai sini bisa dipahami kan?

8. Gunakan Penyemprot Khusus untuk Membersihkan Bagian Dalam

Setelah bagian luar dirasa bersih, selanjutnya Anda bisa beralih ke bagian dalam mobil. Anda tidak perlu menyiram air secara keseluruhan karena dapat merusak mesin yang ada di dalamnya. Sebaiknya gunakan penyemprot khusus untuk membersihkan debu dan kotoran.

Semprotan tersebut bisa Anda beli di toko perlengkapan mobil atau membuatnya sendiri dengan mencampur sabun khusus dan air. Ratakan di komponen yang ingin dibersihkan. Namun jangan terlalu banyak ya, terlebih di bagian AC, radio dan speaker. S

Cara ini dilakukan agar semua kotoran yang ada di bagian dalam terangkat dengan sendirinya. Bahkan jika Anda khawatir ada virus yang menempel, bisa menggunakan cairan desinfektan untuk membersihkannya.

9. Jangan Menutup Mobil Setelah Dicuci

Setelah mencuci atau membersihkan bagian luar dan dalam, sebaiknya Anda membuka semua pintu mobil. Cara ini dilakukan agar bagian yang basah cepat kering karena terjadinya penguapan.

Anda bisa membuka mobil selama kurang lebih 1 jam, atau hingga dirasa air hilang seluruhnya. Anda tidak diperkenankan menutup mobil dalam keadaan basah karena akan lebih sulit kering. Selain itu aroma sabun juga akan tercium sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Mengingat proses pengeringan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus melakukannya di waktu yang benar-benar senggang. Misalkan di hari Minggu Sore dan besoknya mobil sudah siap digunakan lagi.

Pada musim hujan, mungkin Anda akan lebih sering melakukan pencucian mobil karena semakin banyak debu dan kotoran dari jalanan yang menempel. Apabila tidak segera dibersihkan maka akan membuat performa mobil menurun, sehingga tidak nyaman ketika digunakan.

Cara mencuci mobil yang benar di atas harus Anda ikuti dari awal hingga akhir. Tujuannya agar proses mencuci tidak sia-sia dan semua debu, kotoran terangkat dengan sempurna tanpa harus merusak cat mobil. Ingat ya, jangan mencuci atau mengeringkan di bawah sinar matahari langsung. Lakukan di waktu yang senggang agar tidak terburu-buru dalam proses pengeringan.