0812 - 3747 - 4047

Cara Mematikan Alarm Mobil yang Tidak Mau Berhenti

Alarm mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai sistem keamanan mobil. Alarm mobil akan berbunyi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil kamu, misalnya ada maling yang berusaha masuk kedalam mobil kamu secara paksa.

Hal ini dikarenakan, adanya sistem sensitifitas pada alarm. Sistem sensitifitas alarm tergantung merek mobil, bahkan bila mobil yang berkelas tinggi (merek yang sangat mahal), bila terkena getaran bisa langsung berbunyi.

Tetapi mungkin kamu pernah melihat, atau malah mengalami sendiri kerusakan pada alarm. Misalnya, ketika tombol remote alarm ditekan berkali-kali, alarm tetap berbunyi. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan orang-orang yang berada di sekitar mobil.

Untuk mengatasinya, ada 2 hal yang bisa kamu lakukan:

1. Nyalakan Mobil

Ketika alarm masih berbunyi walaupun sudah dimatikan menggunakan remote alarm, maka tetaplah buka pintu mobil dan nyalakan mobil kamu.

Masukan kunci ke lubang starter, kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan. Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti.

Berikut contohnya seperti gambar dibawah:

2. Lepas sekring Alarm

Jika langkah pertama belum berhasil, maka mau tidak mau kamu harus melepas sekering alarm mobil kamu. Setiap mobil memiliki lebih dari satu kotak sekring yang berada di kendaraan untuk berbagai komponen listrik, salah satunya sekring alarm.

Biasanya kotak sekring mungkin berada di kap mesin mobil, berikut contohnya:

Untuk mengetahui letak sekring alarm mobil kamu, terlebih dahulu kamu harus membaca buku panduan pengguna kendaraan, karena masing-masing mobil memiliki tempat sekring alarm yang berbeda-beda.

Setelah mengetahuinya, kemudian lepas sekring alarm tersebut menggunakan tang berujung runcing atau penjepit plastik yang dirancang khusus untuk menarik sekring tersebut.

Dibawah ini, salah satu contoh tang yang bisa kamu gunakan:

Lalu, setelah sekring di lepas, ganti sekring dan lihat apakah alarm menyala kembali. Kalau alarm mobil sudah berhenti, maka pasang kembali sekring tersebut. Tetapi jika alarm masih berbunyi. artinya alarm kamu sudah tidak berfungsi dengan baik. Alangkah baiknya jika kamu membawa mobil kamu ke bengkel.

Itulah 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan alarm mobil kamu yang tidak mau berhenti. Kamu tidak perlu khawatir, tetap tenang dan lakukan secara perlahan.
Semoga bermanfaat

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang