Masukan Kata Kunci Pencarian

Sebelum Cicil Mobil, Pahami Cara dan Rumus Hitung Simulasinya Terlebih Dahulu!

Sebelum Cicil Mobil, Pahami Cara dan Rumus Hitung Simulasinya Terlebih Dahulu!

Cara hitung kredit mobil bisa dipelajari dengan mudah. Saat ini ada banyak tempat yang bisa dipercaya untuk melakukan kredit mobil sehingga pembelian mobil bisa lebih mudah. Persyaratan untuk pembelian mobil juga tidak terlalu sulit. Pembeli hanya perlu menyiapkan uang muka dan beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Pembelian Mobil Secara Kredit

Membeli kendaraan seperti mobil bisa dilakukan secara tunai atau kredit. Pertimbangan cara membeli mobil ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing orang. Ada yang mungkin tidak ingin berhutang sehingga menunggu sampai uangnya terkumpul. Namun ada juga yang ingin segera mendapatkan kendaraan sehingga perlu membeli secara kredit.

Membeli mobil secara kredit memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Mendapatkan mobil dengan cepat

Pembelian mobil secara kredit tidak membutuhkan uang dalam jumlah besar. Hanya memerlukan uang muka yang besarnya biasanya antara 25-30% dari harga mobil tersebut. Jadi seseorang yang membeli secara kredit awalnya hanya perlu membayar uang untuk DP saja. Selanjutnya baru mencicil setiap bulannya. Cara hitung kredit mobil juga akan tergantung dari jumlah uang muka yang diberikan. Biasanya semakin besar uang muka yang dibayarkan maka cicilannya akan semakin ringan.

2. Persyaratan yang mudah

Selain memiliki uang muka, mendapatkan kredit mobil perlu melengkapi persyaratan berupa dokumen-dokumen. Adapun dokumen yang diperlukan biasanya berupa KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Slip gaji, rekening koran atau tabungan, bukti pembayaran listrik, air, PBB, dan lain-lain. Pengajuan kredit mobil pada leasing cukup dengan menyiapkan dokumen tersebut lalu nantinya baru akan diperiksa lebih lanjut.

3. Pembayaran yang ringan

Membeli mobil tentu harus memperhatikan masalah kemampuan finansial seseorang apakah itu tunai atau kredit. Jika dilakukan secara kredit maka pembayaran dicicil setiap bulan dalam waktu beberapa tahun sesuai kredit pilihannya. Pembayaran menjadi lebih ringan karena dilakukan secara berkala meskipun disertai dengan bunga. Besarnya cicilan tersebut bisa diketahui melalui rumus cara hitung kredit mobil.

4. Terdapat asuransi

Kredit mobil perlu dilakukan di tempat leasing atau bank terpercaya sehingga sudah dilengkapi dengan asuransi. Adanya asuransi ini bisa memberikan perlindungan kepada nasabah. Pembelian mobil secara tunai biasanya memiliki asuransi yang terpisah.

Cara hitung kredit mobil

Cara hitung kredit mobil bisa dilakukan dengan simulasi kredit. Sebenarnya rumus untuk perhitungan kredit tidaklah rumit, apalagi jika bunganya flat atau tetap. Rumus untuk kredit mobil antara lain:

1) Plafon pinjaman = harga mobil – uang muka
2) Angsuran atau cicilan pokok setiap bulan = plafon pinjaman/tenor
3) Angsuran atau cicilan setiap bulan = (plafon pinjaman x suku bunga)/12
4) Jumlah cicilan setiap bulan = angsuran pokok per bulan + angsuran bunga per bulan

Beberapa unsur yang terdapat dalam perhitungan kredit mobil antara lain:

1. Harga Mobil

Harga mobil merupakan harga awal mobil tersebut sebelum ada bunga. Harga pokok mobil berbeda-beda sesuai dengan jenis dan merek mobil. Harga mobil yang tinggi tentu akan memiliki uang muka yang juga tinggi karena berdasarkan persentase dari harga mobil ini.

2. Tenor

Tenor merupakan jangka waktu pinjaman kredit. Tenor untuk pinjaman mobil misalnya 1 tahun sampai 5 tahun. Jadi peminjam harus membayarkan angsuran dalam jangka waktu tersebut. Waktu yang lebih lama membuat angsuran per bulannya lebih sedikit namun jumlah bunga yang nantinya dibayarkan akan lebih besar. Pemilihan tenor atau jangka waktu pinjaman kredit ini dapat disesuaikan dengan kemampuan. Jika ingin segera selesai dan memiliki uang yang cukup untuk angsuran per bulannya maka bisa memilih yang lebih cepat seperti satu tahun saja.

3. Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman untuk kredit mobil bervariasi tergantung kebijakan dari bank atau leasing yang memberikan pinjaman tersebut. Bunga pinjaman bisa berupa bunga yang jumlahnya tetap atau flat, dan ada juga yang tidak tetap. Bunga flat misalnya bunga sebesar 3% dalam satu tahun atau 4,3% dalam 4 tahun. Sedangkan bunga tidak tetap misalnya bunga 6% untuk 4 tahun pertama, lalu 2 tahun berikutnya menjadi 7%. Besaran bunga bisa menjadi pertimbangan untuk pemilihan waktu kredit.

4. Uang Muka

Uang muka merupakan uang yang dibayarkan di awal saat mulai mengambil kredit. Semakin besar uang muka maka tanggungan angsurannya akan semakin kecil. Besaran uang muka untuk kredit mobil yaitu antara 20 persen sampai 25 persen dari harga mobil. Jadi jika mobil tersebut memiliki harga yang tinggi maka uang mukanya juga lebih tinggi daripada mobil dengan harga rendah. Mobil LCGC misalnya hanya perlu uang muka sekitar 10 juta rupiah saja. Ini bisa menjadi pertimbangan menyesuaikan dengan uang tunai yang dimiliki karena perlu dibayarkan pertama kali.

Misalnya saja harga mobil sebesar 250 juta rupiah dengan tenor 4 tahun, bunga 4.5%, dan uang muka 20 persen. Bunga yang diterapkan yaitu bunga flat. Jadi cara hitung kredit mobil tersebut yaitu:

Uang muka= 250 juta x 20%= 50 juta
Bunga= 4.5%/tahun = 0.38%/bulan
Plafon pinjaman: harga mobil – uang mobil = 250 juta – 50 juta= 200 juta
Angsuran pokok per bulan= 200juta/48 bulan= 4,166 juta
Angsuran bunga per bulan= 750 ribu
Total angsuran per bulan= 4,916 juta

Pembayaran untuk pertama kali yaitu uang muka ditambahkan dengan angsuran per bulan. Jadi 50 juta ditambah dengan angsuran per bulan 4,916 juta yaitu 54,916 juta. Bulan selanjutnya, nasabah hanya perlu membayar total angsuran per bulan yaitu angsuran pokok ditambahkan dengan angsuran bunga per bulannya.

Cara hitung kredit mobil ini sebenarnya akan dihitung oleh pihak bank atau leasing yang memberikan pinjaman. Namun nasabah juga bisa ikut menghitung untuk mengecek apakah sudah benar atau tidak. Jumlah total angsuran per bulan bisa menjadi pertimbangan untuk mengambil pinjaman dan tenornya.

Mengambil kredit mobil memang menjadi solusi cepat untuk mendapatkan kendaraan yang dibutuhkan. Namun penting juga mempertimbangkan kondisi dan kemampuan keuangan. Rasio hutang dan cicilan sebaiknya tidak melebihi 40 persen dari penghasilan. Adanya pertimbangan ini untuk menjaga agar kebutuhan pokok tetap terpenuhi dan angsuran dapat terbayar dengan lancar.

Mengetahui cara hitung kredit mobil bisa membantu untuk mengetahui dengan pasti mengenai angsuran yang akan dibayarkan. Pertimbangkan setiap unsur mulai dari harga mobil, tenor, sampai dengan bunga yang diberikan. Pihak bank atau leasing juga akan mempertimbangkan kesanggupan dari nasabah dalam pembayaran angsuran. Oleh karena itu ada persyaratan berupa dokumen-dokumen seperti slip gaji.

Bagi yang pertama membeli kendaraan, mengambil kredit mobil juga sebaiknya diikuti dengan kemampuan berkendara yang baik. Cara hitung kredit mobil tersebut bisa mengikuti arahan dari pihak bank atau leasing. Sebelumnya penting untuk dapat mengemudi dengan baik sehingga perlu untuk mengikuti kursus mobil. Jika ingin cari kursus mobil terdekat bisa mengecek di kursusmengemudi.id.

Oh ya, kalau lagi cari tempat kursus mobil, bisa cek kursusmengemudi.id untuk list tempat kursus mengemudi terlengkap di Indonesia, okay?