Masukan Kata Kunci Pencarian

cara bersihkan lampu mobil kuning

Cara Mudah Membersihkan Lampu yang Sudah Menguning

Tahukah kamu, lampu bagian depan mobil terbuat dari bahan mika, dimana lama kelamaan akan menguning yang menyebabkan terganggungnya pemandangan, terlebih di malam hari.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi mengetahui cara membersihkan lampu bagian depan yang sudah menguning.

Cara Bersihkan Lampu Mobil Kuning Paling Ampuh

Ikuti 6 cara dibawah untuk membersihkannya.

1. Gunakan Compound

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membersihkan kaca menggunakan compound. Fungsinya untuk menghilangkan oksidasi yang terjadi, tidak hanya di kaca tetapi juga plastik, mika dan lainnya.

Langkah yang dilakukan cukup mudah, pertama kamu harus membersihkan kaca menggunakan air terlebih dahulu. Kedua keringkan dengan air yang bersih dan lembut. Kemudian tunggu hingga beberapa menit.

Selanjutnya kamu bisa mengoleskan compound ke area yang menguning. Diamkan lagi sekitar 2-5 menit saja dan bersihkan menggunakan microfiber dengan gerakan searah jarum jam.

2. Gunakan Pasta Gigi

Cara bersihkan lampu mobil kuning ternyata juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar, yaitu pasta gigi. Caranya hampir sama ketika kamu menggunakan compound.

Pertama bersihkan kaca mobil. Kedua oleskan pasta gigi ke area yang menguning secara merata.

Lebih baik diamkan beberapa saat agar pasta gigi menyerap, bersihkan dengan kain microfiber dan bilas dengan air. Keringkan di suhu yang cukup. Selesai, kaca mobil kamu sudah nampak seperti baru.

3. Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Cairan pembersih kaca ternyata bisa membuat kaca mobil yang menguning menjadi bersih kembali. Syaratnya harus dilakukan secara rutin agar selalu nyaman berkendara.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih ke kaca yang ingin dibersihkan secara merata. Setelah itu, baru dipoles menggunakan kain microfiber, bisa juga plastik poles.

Bersihkan dengan gerakan memutar dan lakukan dengan rutin hingga kaca mobil kamu kembali bersih.

4. Gunakan Cuka

Selain digunakan untuk bumbu masakan, ternyata cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil yang menguning atau kusam. Kandungan asam pada cuka mampu mengatasi oksidasi yang menjadi penyebab kaca mobil berwarna kekuningan.

Cara membersihkan kaca mobil menggunakan cuka ini agak berbeda dengan lainnya, kamu perlu menggunakan takaran khusus.

  • Campurkan cuka sekitar 3 sendok makan dengan air sebanyak 1 liter.
  • Masukkan kain yang lembut ke dalam campuran air cuka.
  • Gosokkan perlahan dengan gerakan memutar.
  • Lakukan berulang kali hingga kaca kembali bersih.
  • Keringkan lagi menggunakan kain lembut.

5. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Lotion anti nyamuk biasanya digunakan untuk membersihkan kaca mobil yang terbuat dari kaca asli. Mengoleskan lotion juga bisa menjadi solusi jika kamu ingin menghemat budget untuk merawat mobil.

Caranya hampir sama dengan yang sudah dijelaskan di atas, tetapi kamu tidak bisa menerapkan cara ini pada mobil yang lampunya dilapisi mika atau plastik karena akan membuatnya rusak.

6. Gunakan Amplas

Menggunakan amplas merupakan cara bersihkan lampu mobil kuning yang paling ekstrem. Terkadang, kaca lampu juga disertai baret atau goresan sehingga hanya dengan amplas bisa kembali seperti semula. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan amplas dan cairan alkohol secukupnya.
  • Tuangkan pada permukaan amplas yang halus.
  • Gosokkan secara perlahan ke kaca lampu mobil yang kuning atau tergores dengan gerakan memutar secara pelan-pelan.
  • Jika sudah, bersihkan menggunakan kain bersih yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air.
  • Keringkan di suhu ruangan yang sejuk.

Bagaimana agar Kaca Lampu Mobil Tidak Menguning?

Setelah mengetahui cara membersihkan kaca lampu mobil yang menguning, ada juga beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kaca lampu yang menguning.

A. Tidak Parkir di Terik Matahari

Kesalahan ini sering kali dilakukan oleh banyak orang yang sedang mampir di pusat perbelanjaan, cafe atau lainnya tanpa atap di parkirannya.

Sinar matahari jika kelamaan akan membuat kaca lampu mobil menjadi kuning dan merusak komponen yang ada di dalamnya.

B. Gunakan Lampu yang Sesuai dengan Spesifikasi

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa menggunakan lampu mobil dengan watt besar bisa membuat jalan lebih terang. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar karena pada kenyataannya memakai lampu mobil yang tidak sesuai dengan spesifikasi bisa membuat kaca menjadi kuning.

Warna kuning tentunya disebabkan karena sinar yang terlalu terang dan udara yang panas. Jadi jika tidak ingin lampu kaca kuning lebih cepat, sesuaikan watt dengan spesifikasi mobil.

C. Gunakan Cairan Khusus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menggunakan cairan khusus seperti anti sinar UV atau Wax bermanfaat untuk melindungi lampu mobil agar tidak menguning. Harganya tentu tidak sebanding dengan penggantian lampu ataupun kaca.

D. Cuci Setelah Terguyur Hujan

Air hujan tidak baik untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil. Jadi ketika mobil baru selesai terkena hujan, sebaiknya langsung dicuci agar tidak menguning. Terlebih air hujan sering membawa kotoran yang membandel, sehingga membuat mobil terkesan tidak bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lampu mobil yang kuning. Bagi kamu yang mempelajari tips lain untuk merawat mobil atau tips mengemudi, kamu bisa mengujungi blog Kursus Mengemudi.