Masukan Kata Kunci Pencarian

Brio vs Agya_ Perbandingan Spesifikasi Lengkap

Brio vs Agya: Perbandingan Spesifikasi Lengkap

Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil matic yang kerap kali dibandingkan. Selain karena desainnya yang mirip, keduanya juga memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Untuk itulah dibutuhkan perbandingan secara mendetail terkait Brio vs Agya sebelum menentukan pilihan. Perbandingan spesifikasi yang lengkap akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis mobil mana yang lebih unggul. Jadi, tidak perlu bingung lagi memilih mobil sporty antara Honda Brio atau Toyota Agya. 

Brio vs Agya

Perbandingan Brio dan Agya memang tidak bisa diterawang hanya dengan melihat dari tampilan luarnya saja. Anda juga harus mengenal kedua mobil ini secara keseluruhan agar bisa memberikan penilaian sesuai dengan kenyataannya. Beberapa perbandingan yang sangat mencolok dari Brio dan Agya adalah:

1. Perbandingan Eksterior

Tampilan eksterior sebenarnya lebih bersifat subjektif sesuai dengan selera masing-masing orang. Tapi secara keseluruhan, Brio lebih mengusung pada desain yang lebih sederhana namun tetap elegan dan sporty.  Desain ini tentu lebih netral dan sesuai untuk semua kalangan. Pada bagian peleknya yang mencolok hanya terlihat dari penggunaan alloy silver serta foglamp. Sementara untuk headlampnya, Brio memberi penerangan melalui refleksi cahaya dan didukung oleh lampu sein samping yang ada di fender depan. 

Sementara untuk Agya sendiri, desainnya lebih ramai untuk mendukung tampilan sporty yang diusung.  Agya juga sudah menggunakan adaptasi Add-On kit sporty yang terlihat pada moncong, rok samping, serta spoiler belakang. Wajah depan Agya juga punya ciri khas dengan adanya warna hitam ala smoked lamp pada bagian rumah lampunya. Sedangkan pada bagian belakangnya telah dilengkapi dengan ekstra bodikit dengan apron hitam seperti Toyota versi lamanya. 

Secara keseluruhan, desain eksterior Brio lebih menegaskan kesan elegan dan sederhana dibalik bodinya yang sporty. Sedangkan Agya terkesan glamour dan tetap kekinian sesuai dengan selera anak muda.

2. Dimensi dan Ruangan Kabin

Dimensi mobil tentu sangat menentukan luasnya ruangan kabin yang tersedia. Untuk Honda Brio memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi yakni 3.800 mm x 1.680 mm x 1.480 mm. Sedangkan dimensi Toyota Agya adalah 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm.

Dilihat dari ukuran dimensinya, maka Honda Brio memiliki ukuran yang lebih panjang dari Agya sehingga area bagasi di belakangnya juga lebih lapang. Sementara Agya juga memiliki dimensi lebih tinggi dibandingkan Brio, sehingga ruang kabinnya lebih luas serta ruang kaki yang lega.

3. Perbandingan Interior

Dilihat dari bagian interiornya, Honda Brio masih memiliki desain yang cukup menarik dan terkesan mewah. Pemilihan warna beige yang mendominasi membuat ruangan mobil terasa lebih cerah dan luas. Speedometer yang mendukung interior juga sesuai dengan desainnya yang sporty karena terlihat lebih modern dan kekinian. Bisa dibilang antara eksterior dan interior Brio ini masih cukup berimbang. 

Toyota Agya sendiri masih bertahan dengan desain interior yang terlihat kaku. Desainnya tidak modern seperti Brio. Ini bisa dilihat dari bentuk door trim dan tuasnya yang mirip dengan mobil di awal-awal tahun 90-an. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan pada jok nya juga masih sangat tipis dan sekilas terlihat mudah rusak. Untung saja desain ini diimbangi dengan model speedometernya yang juga sangat modern dan tidak ketinggalan zaman.

4. Kelengkapan Fitur

Sebagai sesama mobil jenis LCGC, Brio vs Agya juga bersaing cukup ketat dari kelengkapan fiturnya. Honda Brio telah dilengkapi dengan sistem keselamatan Anti Lock Braking System, Electronic Brake Distribution, dan SRS Airbag yang lebih dari cukup untuk menjaga keamanan pengemudi. Untuk sistem keamanannya juga telah diimbangi oleh adanya fitur keyless entry dan Auto Door Lock. Sementara fitur hiburannya telah disematkan dalam head unit yang sangat modern, bisa digunakan untuk koneksi iPod, Aux In, Bluetooth, serta radio. 

AC yang digunakan juga bisa disetel menggunakan pengaturan digital. Toyota Agya juga memiliki fitur mumpuni yang membuatnya tidak kalah saing dengan Brio. Pada head unit telah terpasang layar sentuh yang diintegrasikan dengan bluetooth. Di dalamnya juga tersemat Aux-in, mirroring system, audio steering switch, serta SD card.

Agya juga memiliki fitur unggulan yang tidak terdapat pada Brio, yakni adanya tombol start/stop enjin. Untuk menambah sistem keamanannya, ada juga fitur ISOFIX yang membantu menjaga keamanan bagi mereka yang membawa bayi dalam mobil

5. Perbandingan Transmisi

Honda Brio sudah menggunakan transmisi CVT  sehingga sangat halus ketika digunakan untuk berpindah gigi. RPM untuk berpindah gigi juga tidak perlu terlalu tinggi ataupun disesuaikan ketika ingin berpindah tarikan.  Tentu saja transmisi ini sangat nyaman untuk semua kalangan termasuk pemula. Kalau Agya sendiri masih mengandalkan transmisi tipe otomatis konvensional 4-speed. Tidak heran kalau perpindahan giginya sangat terasa, sehingga agak menghentak pengemudi dan tidak sehalus Brio.

6. Ketangguhan Mesin

Dibekali dengan tenaga mesin 4 silinder berkapasitas 1,2 liter, mesin Brio sudah menggunakan teknologi katup variabel. Semburan yang mampu dihasilkan oleh Brio bisa mencapai 88,7 Tk dan torsi hingga 110 Nm. Tidak hanya memiliki tenaga yang merajai city car, Honda Brio bahkan memberikan handling yang sangat cekatan dengan akselerasi yang sangat mengesankan pengemudi. 

Toyota Agya juga tidak mau kalah di sektor performa mesinnya. Agya juga dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1,0 dan 1,2 liter. Daya yang dapat dihasilkan  juga tidak jauh berbeda, yakni 86,7 Tk. Namun torsinya sedikit lebih kecil, yakni 107 Nm. Dari perbandingan ini dapat dilihat bahwa performa Agya masih kalah dengan Brio yang menjadi rival terberatnya.

7. Perbandingan Harga

Perbandingan harga tentu tidak boleh dilewatkan ketika membahas keunggulan dari Agya dan Brio. Sama dengan mobil keluaran Honda lainnya, Brio memiliki harga yang agak tinggi dibandingkan rivalnya yakni sekitar 146 hingga 199 juta. Sementara mobil Agya keluaran Toyota hanya dibanderol dengan kisaran harga 144 sampai 169 juta saja. Dengan melihat 7 perbandingan dan spesifikasi dari kedua city car ini, Brio vs Agya sebenarnya menjadi saingan yang sangat imbang dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. 

Apabila ingin memiliki city car sporty yang lebih bertenaga dan memiliki kelengkapan fitur keselamatan, Honda Brio bisa menjadi pilihan yang tepat karena mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Tapi untuk Anda yang masih ingin menghemat biaya untuk membeli city car berkualitas dan memiliki interior lebih lega, Toyota Agya jauh lebih cocok dijadikan mobil sport pilihan. Tarikannya yang ringan juga memungkinkan pengemudinya untuk menembus kota dengan nyaman. 

Semua pilihan masih sangat tergantung dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Tapi untuk keselamatan berkendara, spesifikasi mobil yang lengkap seperti Brio dan Agya tidak terlalu berpengaruh besar. 

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kemampuan menyetir mobil sesuai standar. Untuk itulah Anda yang masih pemula harus belajar mengendarai mobil dengan benar di kursusmengemudi.id. Dengan begitu, suasana berkendara akan terasa lebih nyaman baik menggunakan Agya ataupun Brio. 

Pesan sponsor


Shopee Indonesia