Masukan Kata Kunci Pencarian

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Tuntutan kerja dan kebutuhan keluarga terkadang menuntut seseorang untuk memiliki mobil. Namun ketika berencana membelinya, pasti ada pertimbangan untuk membeli mobil baru atau bekas. Agar pertimbangan lebih objektif, Anda wajib memperhatikan kelebihan dari masing-masing mobil tersebut.

Pertimbangan Membeli Mobil Baru

Sebagian besar mereka yang memiliki dana lebih biasanya akan langsung membeli mobil baru dibandingkan mobil bekas. Beberapa pertimbangan yang dijadikan alasan untuk membeli mobil baru di antaranya:

1. Kualitas Mobil Terjamin

Pertimbangan pertama tentu saja dari kualitasnya yang jelas terjamin. Sebagai mobil yang baru diproduksi dan belum pernah dipakai, maka semua fungsinya tentu bisa bekerja maksimal sesuai spesifikasi aslinya. Terlebih lagi mobil baru sudah pasti menyediakan garansi dalam rentang waktu yang lama bagi pembeli. Jadi ketika ada kerusakan dalam waktu yang ditentukan, mobil bisa dikembalikan, ditukar, atau diperbaiki kerusakannya tanpa perlu membayar. 

Adapun cakupan garansi pada mobil baru juga sangat luas, yakni terdiri dari garansi bodi mesin, garansi mesin, garansi suku cadang, serta garansi servis gratis. Membeli mobil baru juga memberikan kepuasan sendiri bagi diri seseorang karena menjadi pihak yang pertama menggunakannya sebelum digunakan oleh orang lain.

2. Bebas dari Risiko Kerusakan Tidak Terduga

Pertimbangan selanjutnya yang membuat orang lebih memilih membeli mobil baru adalah karena risiko kerusakan yang tidak terduga tidak akan terjadi. Misalnya saat membeli dan pertama kali dicoba, mesinnya halus dan semua fiturnya bisa bekerja dengan normal.

Namun saat sudah dibayar ternyata ada beberapa fiturnya yang tidak berfungsi dan luput dari pengecekan. Risiko yang merugikan ini jelas tidak akan ditemukan apabila membeli mobil dalam kondisi baru. Mobil baru jelas sudah mengalami tahap quality control ketika pertama diproduksi dan akan dipasarkan.

3. Pemilihan Lebih Mudah

Pemilihan mobil baru juga lebih mudah dilakukan karena kualitasnya semuanya terjamin. Jadi pembeli hanya perlu memilih jenis mobil yang diinginkan tanpa perlu mengecek secara detail. Berbeda dengan mobil bekas yang harus dipilih dan diperiksa kenormalan mesin dan fiturnya sebelum dibeli. Proses pemilihan ini tentu memakan waktu yang agak lama agar kualitas mobil benar-benar sesuai harapan.

4. Menyediakan Service Gratis

Semua mobil baru atau bekas tentu saja bisa mendapatkan layanan service. Tapi hanya mobil baru yang boleh mendapatkan layanan service gratis. Tentu saja layanan ini hanya bisa didapatkan oleh mobil baru yang masih berada dalam masa garansi. Kalau kerusakan terjadi bukan disengaja oleh pengguna, biasanya layanan ini bisa digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk service. 

5. Tampilan Lebih Maksimal

Semua barang baru tentunya memberikan tampilan yang lebih maksimal dibandingkan barang bekas. Mobil terlihat masih mulus dan warnanya belum pudar. Kondisi ini sangat mendukung mereka yang ingin membeli mobil demi meningkatkan gaya hidup. Tidak hanya mulus dari luar saja, bagian interior mobil hingga mesin yang akan bekerja juga tentu dapat bekerja maksimal karena belum tersentuh pengendara lainnya.

6. Premi Asuransi Lebih Terjangkau

Premi untuk asuransi mobil baru tentunya lebih murah dibandingkan mobil bekas. Ini disebabkan karena potensi kerusakan pada mobil baru lebih kecil dibandingkan mobil bekas. Jadi, pihak asuransi juga memberi keringanan biaya premi sesuai dengan kondisi mobilnya. Ketika ditemukan kerusakan atau kondisi mobil yang ternyata sudah bekas, tentu perusahaan asuransi tidak mau rugi sehingga meminta biaya premi lebih tinggi.

Pertimbangan Membeli Mobil Bekas

Berbanding terbalik dengan pengguna mobil baru, mereka yang berminat dengan mobil bekas justru didominasi oleh kalangan menengah yang memiliki dana terbatas untuk membeli mobil baru. Meskipun tidak semua pembeli memiliki alasan serupa. Ada pertimbangan lainnya yang juga membuat orang lebih memilih mobil bekas walaupun memiliki budget lebih. Pertimbangan tersebut meliputi:

1. Harga Jauh Lebih Terjangkau

Adanya depresiasi harga yang sangat signifikan membuat mobil bekas dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding mobil baru. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat yang menjadikan mobil bekas sebagai alternatif dalam membeli mobil yang diinginkan. Mobil dengan fitur lengkap, teknologi canggih, dan desain stylish sekarang bisa didapatkan hanya dengan harga yang murah kalau membeli bekasnya.

2. Pilihan Spesifikasi Lebih Lengkap

Mobil bekas memiliki pilihan yang lebih lengkap karena dikoleksi dari mobil produksi tahun sebelumnya. Jadi, pilihannya jauh lebih lengkap dibandingkan membeli baru. Bahkan mobil yang sudah tidak diproduksi di tahun ini bisa didapatkan kembali ketika bersedia membeli versi bekasnya. 

3. Biaya Pajak Lebih Murah

Tarif pajak untuk berbagai jenis mobil baru biasanya lebih mahal dan meningkat sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kondisi ini bisa sangat merugikan karena sifat pajak yang harus terus dibayar pada rentang waktu tertentu. Dengan membeli mobil bekas, biaya pajak rutinnya jauh lebih murah sesuai dengan jenis mobil dan pajak yang berlaku ketika mobil tersebut diproduksi.

4. Penurunan Harga Tidak Drastis

Sifat mobil tidak jauh berbeda dengan benda elektronik. Saat harga barunya dijual dengan sangat tinggi, maka harga bekasnya bisa menurun drastis. Tentu saja untuk mobil yang dibeli sudah dalam kondisi bekas bisa didapatkan dengan harga murah, dan dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga beli bekasnya. Jadi, bagi yang mudah bosan dan suka ganti-ganti mobil, pilihan mobil bekas bisa lebih irit karena mampu mempertahankan harganya.

5. Jika Pandai Memilih, Bisa Mendapat Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Murah

Tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang buruk serta tampilan yang memudar. Bagi mereka yang beruntung dan pandai memilih mobil bekas, bisa saja mendapatkan mobil dengan tampilan bodi dan mesin yang masih seperti baru. Tentu saja semua didapatkan dengan harga bekas yang lebih murah. 

6. Bisa Langsung Digunakan

Mobil bekas juga cocok untuk mereka yang terburu-buru atau mendesak ingin menggunakan mobil. Pasalnya membeli bekas bisa langsung digunakan oleh pembeli. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu lama untuk mengurus surat-suratnya sebelum boleh digunakan.  

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Jadi, untuk memutuskan membeli mobil baru atau bekas, perhatikan tabel perbandingan berikut sebagai bahan pertimbangan:

Nomor Perbandingan Mobil Baru Mobil Bekas
1 Kualitas Mobil Terjamin berkualitas  Tidak semua berkualitas
2 Risiko Kerusakan Risiko kecil Risiko lebih besar
3 Jaminan kualitas Tersedia garansi Tidak ada garansi
4 Desain  Lebih maksimal Kurang maksimal
5 Harga Lebih mahal Lebih murah
6 Pilihan mobil Terbatas Sangat lengkap
7 Biaya pajak Lebih mahal Lebih murah
8 Harga jual kembali Sangat murah Tetap stabil
9 Kemudahan pemakaian Perlu menunggu lama sebelum dipakai Bisa langsung digunakan.

Dari tabel ini dapat disimpulkan bahwa mobil baru bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki dana lebih dan tidak ingin repot memastikan kualitas mobil ketika membeli. Sementara mobil bekas menjadi pilihan yang pas bagi mereka yang memiliki dana terbatas atau ingin membeli mobil keluaran lama tapi sudah tidak produksi saat ini. Tentu saja dengan pemilihan yang sangat ketat untuk memastikan kualitasnya. 

Baik mobil baru atau bekas sebenarnya sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Faktor utama yang justru sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara bukan dari baru atau bekasnya mobil. Melainkan kemampuan dan kemahiran pengemudi agar kualitas mobil tetap terjaga. Kalau Anda kurang mahir atau bahkan belum bisa mengemudi mobil, ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu cara mengemudi yang benar dan aman di kursusmengemudi.id Dengan begitu, mobil apapun yang digunakan akan tetap awet dan bisa menjaga keselamatan meski digunakan dalam waktu lama. 

Pesan sponsor


Shopee Indonesia