Masukan Kata Kunci Pencarian

Ternyata Ini Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya!

Ternyata Ini Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya!

Ban mobil benjol merupakan kondisi yang tidak normal dan perlu diatasi. Meskipun tidak langsung membahayakan namun ini bisa menyebabkan terjadinya masalah saat mengemudi jika tidak segera diperbaiki. Sayangnya, kondisi ban seperti ini tidak bisa diperbaiki sendiri di rumah atau di jalanan. Cara terbaik yaitu membawa kendaraan ke bengkel atau teknisi profesional untuk penggantian ban. Apa penyebab benjol pada ban mobil dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Ban yang Benjol

Adanya benjolan pada ban mobil bisa dilihat langsung atau dirasakan saat berkendara. Kondisi ban benjol ini merupakan kondisi tidak normal pada ban kendaraan. Benjolan tersebut muncul di bagian dinding ban yang merupakan bagian yang vital. Setiap cacat yang terjadi pada bagian ban ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Benjolan pada ban mobil bisa muncul tanpa peringatan dan bisa berisiko bagi keselamatan penumpang.

Ban mobil benjol biasanya karena ada lapisan dalam ban yang rusak. Alasan kerusakan pada lapisan dalam ini ada banyak. Setiap ban sendiri dibuat dengan beberapa lapisan yang digabungkan bersama. Konsekuensinya, setiap lapisan ditambahkan dengan tujuan tertentu, dan lapisan dalam yang sama menjaga tekanan udara di dalam ban.

Lapisan dalam ban bertanggung jawab untuk menjaga tekanan. Ini berbeda dengan lapisan luar lainnya mendapatkan bantuan melalui lapisan lain. Tapi lapisan dalam umumnya dibuat dengan karet yang kuat sehingga membuatnya cukup kuat untuk menahan tekanan udara di dalamnya.

Saat mengemudikan kendaraan, ban harus menghadapi segala macam permukaan dan rintangan. Ini bisa mempengaruhi kualitas dan kondisi ban secara keseluruhan. Efek yang terkait dengan penggunaan ban di jalanan tersebut bisa berupa lapisan dalam yang pecah sehingga menyebabkan udara keluar.

Ketika udara keluar dari lapisan dalam ban, maka akan terakumulasi di titik lemah lapisan luar. Perlahan-lahan tonjolan mulai muncul karena udara yang tertahan di dalam. Ban mobil benjol pada bagian dinding samping karena bagian ini lebih lemah daripada bagian tapak. Lalu apa saja penyebab terjadinya benjolan pada ban tersebut? Berikut tiga penyebab benjolan pada ban:

1. Cacat manufaktur

Cacat manufaktur bisa menyebabkan munculnya benjolan pada ban. Ini bisa terjadi jika pemasangan atau perekatan lapisan dalam dan lapisan lainnya tidak berjalan dengan baik. Lapisan dalam bisa mudah bocor sehingga mudah bocor dan timbul benjolan. Adanya cacat manufaktur ini mungkin akan sulit dihindari tapi bisa mencoba menggunakan ban dengan kualitas yang sudah terpercaya.

2. Kelebihan beban

Setiap jenis ban mobil memiliki indeks beban maksimum yang dapat ditumpu oleh ban. Kelebihan beban bisa menyebabkan kerusakan seperti bocornya ban dalam sehingga muncul benjolan. Tambahan berat di luar batas maksimum bisa membuat lapisan dalam menjadi lebih tertekan dan mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu untuk mengemudikan kendaraan dengan beban yang tidak berlebihan. Setiap mobil memiliki batas muatan maksimum dengan jenis ban tertentu yang juga memiliki indeks beban maksimum.

3. Mengemudi di jalan yang kasar

Sering mengemudi di jalanan yang kasar juga bisa menyebabkan munculnya benjolan pada ban karena lapisan ban yang rusak. Jalanan yang kasar bisa berupa jalanan berbatu sehingga permukaan ban sering mengalami tekanan yang tak wajar. Ada baiknya memilih jalan yang tidak kasar untuk dilalui.

Penyebab ban mobil yang benjol ini bisa dicegah dengan tidak mengemudi dengan beban berlebih serta mengemudi di jalan yang mulus. Pemilihan ban mobil yang bermerek dan berkualitas juga dapat mencegah mendapatkan ban mobil yang cacat manufaktur.

Cara Mengatasi Ban mobil benjol

Ban mobil yang memiliki benjolan perlu segera diatasi agar tidak mengganggu keselamatan. Bagaimana cara mengatasi ban mobil yang memiliki benjolan? Benjolan pada ban mobil sayangnya tak bisa diperbaiki apapun itu. Alasannya karena itu berarti ada kerusakan atau kebocoran di lapisan ban bagian dalam. Tidak bisa diatasi dengan menambalnya begitu saja. Jadi cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti ban tersebut dengan yang baru.

Mengganti ban merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi benjolan pada ban mobil. Ganti ban dengan yang baru dan tidak cacat sehingga bisa dikemudikan dengan baik. Mengganti ban bisa dilakukan sendiri atau pergi ke bengkel jika diperlukan. Pemeriksaan ban secara rutin juga bisa membantu agar kondisi ban tetap prima.

Saat ban mobil terasa ada benjolan. Maka perlu segera diperiksa, tampilan benjolan tersebut biasanya mudah terlihat dan dapat dirasakan. Berkendara dengan ban yang cacat seperti itu tidak boleh dilakukan sehingga perlu segera diganti. Jangan menunggu sampai terjadi insiden yang bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

Selain segera mengganti ban, pengemudi juga perlu untuk memeriksa kondisi ban secara berkala. Periksa tekanan angin pada ban. Ini bisa menggunakan alat pengukur tekanan ban, namun bisa juga dengan cara sederhana seperti menggunakan tangan. Ban yang bocor atau memiliki benjolan juga dapat terlihat dengan mata sehingga sebenarnya mudah untuk mendeteksinya. Sebelum menaiki kendaraan sebaiknya memeriksa terlebih dahulu kondisi ban karena merupakan salah satu bagian yang vital dari sebuah mobil.

Apakah ban mobil benjol termasuk dalam asuransi? Benjolan pada ban mobil yang disebabkan oleh cacat manufaktur atau cacat produksi memang masuk ke dalam asuransi. Namun tidak mudah untuk menentukan apakah ini disebabkan oleh cacat manufaktur atau bukan. Pemilik bisa saja menanyakan atau mengajukan komplain jika memang merasa bahwa itu kesalahan produksi. Nantinya pihak produsen yang melakukan pemeriksaan apakah benar karena cacat produksi atau karena hal lain seperti penggunaan yang berlebihan. Jika memang karena kesalahan pabrik maka biasanya akan mendapatkan penggantian berupa ban yang baru.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengatasi ban mobil benjol yaitu sebesar biaya penggantian ban mobil. Jadi besarnya yaitu sejumlah harga ban mobil baru untuk mengganti ban mobil yang lama. Jika melalui bengkel maka bisa ditambahkan dengan biaya pemasangannya. Harga ban mobil sendiri bervariasi tergantung jenis dan mereknya.

Masalah ban mobil yang benjol ini perlu mendapatkan perhatian agar keselamatan berkendara bisa terjamin. Pengemudi perlu segera mengganti ban mobil benjol dengan yang baru dan dalam keadaan baik jika memang ban mengalami kebocoran atau terdapat benjolan. Pengemudi perlu mengetahui tanda-tanda jika ban mobil dalam keadaan tidak baik. Membiarkan ban mobil yang bermasalah bisa menimbulkan bahaya atau kecelakaan saat berkendara.

Bagi pemula, memiliki kemampuan mengemudi yang baik juga diperlukan. Belajar dengan ahlinya melalui tempat kursus bisa membantu agar memiliki pengetahuan dan skill yang lebih terlatih terkait mengemudi mobil. Masalah keselamatan saat berkendara serta ban mobil benjol juga dapat ditanyakan kepada ahlinya. Ini terkait dengan perawatan mobil yang baik sehingga bisa berkendara dengan nyaman dan selamat. Selain artikel tentang ban mobil benjol, baca juga tips belajar mengemudi lainnya dari kursusmengemudi.id.