Masukan Kata Kunci Pencarian

Kebanyakan pengendara sering kesulitan saat mengemudikan mobil manual di jalan macet. Cara mengemudi mobil manual di jalan macet cukup mudah dilakukan.

7 Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet

Setiap pengendara tentunya sering merasa kesulitan saat mengemudikan mobil di jalan macet. Jika tidak terbiasa, pengemudi akan kehilangan konsentrasi dan ritmenya. Maka dari itu, cara mengemudi mobil manual di jalan macet perlu dipahami.

Ketika kondisi jalan sedang macet, mau tidak mau pengendara mobil harus tetap menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi. Terlalu sering menginjak kopling saat macet bisa membuat pengendara jadi terlalu lelah.

Sebenarnya, cara memainkan kopling yang benar bisa dilakukan dengan mudah. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Tutorial mengemudi mobil manual di jalan macet adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depanmu. Berdasarkan perhitungan, kamu hanya memiliki waktu tiga detik untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

Jarak waktu tersebut dapat digunakan untuk mengerem dan membanting setir agar terhindar dari kecelakaan. Ketika kondisi jalan sedang macet, kamu wajib jaga jarak. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk mendahului dan menyalip kendaraan lain, karena risikonya cukup tinggi.

2. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Selanjutnya, cara mengendarai mobil manual di jalan macet adalah mengikuti aturan rambu lalu lintas. Masih ada pengendara lain yang menembus lampu merah hingga memotong jalan. Padahal, rambu lalu lintas adalah pedoman yang harus dipatuhi saat berkendara.

Jika rambu lalu lintas memberikan tanda untuk berhenti, maka kamu harus bergegas memberhentikan mobil di belakang garis stop. Pastikan kamu tidak pindah jalur jika marka jalannya tidak memiliki garis yang putus-putus. Hal tersebut sangat menentukan keselamatan kamu saat berkendara.

3. Jangan Manuver Secara Mendadak

Saat jalan yang kamu lewati macet, umumnya akan merasa ingin cepat-cepat sampai di tempat tujuan. Cara menggunakan kopling mobil di tanjakan dan jalan macet sangat dibutuhkan dalam kasus ini. Akibatnya, kamu akan melakukan manuver yang berbahaya, salah satunya adalah pindah jalur.

Nyatanya, tindakan tersebut tidak bisa dibenarkan. Kemungkinan besar mobilmu akan menyenggol kendaraan lain, lalu menimbulkan konflik. Jika ingin pindah jalur, kamu wajib menggunakan lampu sein dan melihat spion agar kendaraan di belakangmu memberikan jalan untuk berpindah.

4. Penggunaan Gigi Rendah

Selain cara di atas, penggunaan gigi rendah juga wajib dilakukan. Ketika kondisi jalan macet, kamu hanya perlu menggunakan gigi satu atau dua. Hal itu bertujuan agar pergerakan mobilmu tetap normal saat kendaraan lain melaju pelan.

Lalu, cara ini juga membantu kamu untuk menghindari mesin mobil yang bisa mati kapan saja. Biasanya, penyebab mesin mobil mati adalah adanya beban yang berlebihan.

5. Jangan Menginjak Setengah Kopling

Ketika mengendarai mobil manual di jalan macet, usahakan untuk tidak menginjak setengah kopling, terutama jika berada di tanjakan. Maka dari itu, setiap pengendara harus memahami cara mengemudi mobil di tanjakan curam.

Nantinya, akan terjadi gesekan yang berlebihan dan membuat kopling jadi cepat aus. Saat kamu menginjak setengah kopling, maka akan muncul bau seperti terbakar di kolong mobil. Jika kebiasaan tersebut masih dilakukan, usia kopling tidak akan bertahan lama.

6. Jangan Letakkan Kaki di Atas Kopling

Jika kaki kirimu terlalu sering menginjak pedal kopling, maka kemungkinan besar akan cepat aus. Meski tekanannya terbilang ringan, kopling harus terus bekerja ketika kakimu menginjaknya secara terus-menerus.

Selain itu, bahan bakar mobil bakal lebih boros. Jika kondisi macet sangat parah, pindahkan saja gigi mobil ke posisi N. Lalu, injak rem dan lepas kopling. Dengan begitu, kaki kirimu bisa beristirahat sejenak.

7. Menggunakan Rem Tangan

Umumnya, kondisi macet yang parah akan membuat mobil tidak bergerak sama sekali. Dalam keadaan tersebut, penggunaan rem tangan sangat dibutuhkan. Kemudian, geser saja tuas persneling ke posisi N dan melepas kaki kiri dari kopling.

Sedangkan untuk kaki kanan, kamu hanya tinggal melepasnya dari atas pedal gas. Penggunaan rem tangan bertujuan untuk meminimalisir jika mobil bergerak sendiri.

Setelah mengetahui cara mengemudi mobil manual di jalan macet, kamu harus siap menghadapi berbagai risiko yang ada. Supaya kamu lebih mahir berkendara, maka bisa belajar menyetir di tempat kursus. Untuk mencari tempat kursus terpercaya, kamu bisa langsung mengunjungi situs Kursusmengemudi.id..

Pesan sponsor


Shopee Indonesia