0812 - 3747 - 4047

5 Cara Mengatasi Mobil yang Mogok di Perjalanan

Pernahkah kamu mengalami masalah mobil mogok di tengah jalan? Mogok yaitu suatu keadaan dimana mesin mobil mati secara tiba-tiba.

Keadaan seperti ini tentunya akan sangat mengganggu perjalanan kamu, terlebih kamu yang merupakan orang awam dengan mesin mobil. Pasti kamu akan panik dan bingung untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sekarang tidak perlu khawatir, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mobil yang mogok di Perjalanan:

1. Amankan Mobil

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengamankan mobil untuk menjaga keselamatan kamu dan pengendara lain. Jika mobil kamu mogok di tengah jalan, maka kamu mendorongnya hingga ke tepi.

Setelah itu, jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman. Segitiga pengaman yaitu tanda darurat yang digunakan ketika mengalami permasalahan selama di perjalanan, seperti mogok.

Pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil dengan jarak sekitar tiga hingga sepuluh meter. Jika mobil kamu mogok di jalanan berliku, pasang segitiga pengaman sebelum tikungan.

Berikut contoh segitiga pengaman:

2. Periksa Starter dan Baterai

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah dengan selalu memeriksa starter dan baterai mobil kamu. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya.

Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati. Jika terdengar suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal.

Kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini:

Buka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin. Terdapat dua sambungan yaitu positif dan negatif.

Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Kamu dapat membersihkan logam tersebut dengan sikat gigi untuk menghilangkan debu dan karat yang menempel.

3. Periksa Sistem Pembakaran

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah memeriksa sistem pembakaran. Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada sistem pembakaran dapat membantu dalam mengetahui penyebab mobil mogok. Caranya adalah dengan memeriksa dan mengamati busi mobil yang sudah rusak.

Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Berikut contohnya:

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

4. Memastikan Bahan Bakar Mobil Sudah Terisi Dengan Baik

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah dengan selalu memastikan bahan bakar mobil kamu. Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok.

Maka dari itu, pastikan bahan bakar mobil sudah terisi dengan baik (cukup) sebelum melakukan perjalanan. Jika habis ditengah perjalanan, maka kamu harus mengisi bahan bakar mobil kamu di pom bensin terdekat.

5. Hubungi Jasa Derek

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mobil yang mogok di perjalanan yaitu menghubungi jasa derek untuk membawa mobil kamu ke bengkel. Atau kamu juga bisa langsung menghubungi bengkel langganan kamu.

Minta mereka untuk memperbaiki kerusakan yang membuat mobil kamu mogok. Biasanya orang bengkel langsung mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Naaah itulah 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mobil kamu yang mogok selama diperjalanan. Ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan? Namun, alangkah baiknya jika kamu selalu memastikan mobil dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan

Semoga Bermanfaat.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang