4 Penyebab Klep Mobil Bisa Bengkok yang Biasa Dianggap Sepele
Daftar isi
Mobil menjadi salah satu kendaraan pribadi yang cukup banyak dan sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Saat ini pun, telah banyak berbagai brand mobil yang telah diproduksi di Indonesia.
Masing-masing brand mobil ini tentunya memiliki spec yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa komponen yang pastinya dapat Anda temukan di semua brand mobil. Salah komponen penting di dalam mobil adalah klep.
Secara umum, klep ini berfungsi dalam mengatur aliran udara dan bakar di dalam ruang bakar agar jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan mesin untuk melakukan proses pembakaran. Tetapi, klep mobil ini ternyata dapat mengalami berbagai gangguan, seperti kebocoran ataupun bengkok.
Hal ini tentunya dapat mengganggu performa mobil sehingga mobil tidak dapat berfungsi dengan optimal dalam mengatur proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar tersebut.
Kira-kira apa saja faktor yang dapat menjadi penyebab klep mobil bisa bengkok, ya? Mari simak penjelasan secara lengkapnya di bawah ini.
Apa itu Klep Mobil?
Klep mobil atau katup atau yang sering dikenal dengan istilah valve dalam bahasa inggris adalah suatu komponen pada mesin mobil yang terletak di bagian cylinder head atau kepala silinder yang bergerak sesuai langkah piston.
Sama halnya dengan fungsi katup lainnya, klep mobil ini pun berfungsi untuk mengatur keluar masuknya aliran bahan bakar dan udara pada mobil. Maka dari itu, klep mobil menjadi salah satu komponen yang cukup penting pada mobil.
Apakah klep mobil ini dapat rusak? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, klep mobil ini dapat mengalami kerusakan, seperti bengkok, kebocoran, ataupun ukuran klep yang tidak pas sehingga menyebabkan tenaga mesin atau performa mobil menjadi menurun.
Salah satu penyebab dari bocor atau bengkoknya klep mobil ini, yaitu adanya kesalahan dalam menyetel klep mobil.
Bagaimana Cara Menyetel Klep Mobil?
Untuk menghindari terjadinya kebocoran atau bengkoknya klep mobil, Anda harus menyetel atau memposisikan klep mobil dengan benar dan tepat. Berikut di bawah ini kami rangkum mengenai cara menyetel klep mobil yang dapat membantu Anda, antara lain:
Langkah pertama adalah memposisikan piston 1 pada akhir langkah kompresi (TMA) dengan cara menempatkan tanda penyesuaian tepat di tanda 0⁰.
Kemudian, lakukan penyetelan pada celah katup TOP, dimana valve atau katup yang bisa disetel terdiri dari 3 silinder saja, yaitu:
- Silinder 1: valve in & ex
- Silinder 2: valve in
- Silinder 3: valve ex
- Silinder 4: tidak dapat disetel karena posisi sedang overlap
Ketiga, putarlah poros engkol sebesar 360⁰ sesuai arah jarum jam. Kemudian setel silinder 4 di akhir langkah kompresi (TMA) dengan tanda penyesuaian tepat pada 0⁰.
Terakhir, setel celah katup TOP 4. Dimana katup yang dapat disetel, yaitu:
- Silinder 1: tidak dapat disetel karena overlap
- Silinder 2: katup ex
- Silinder 3 katup in
- Silinder 4: katup in & ex
Tujuan Menyetel Klep Mobil
Selain menjaga performa mobil, sebenarnya apa saja tujuan dari menyetel klep mobil ini? Berdasarkan situs Lifepal, beberapa tujuan dari menyetel klep mobil, yaitu:
- Untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder mobil yang kemudian akan dikompresikan untuk proses pembakaran sehingga menghasilkan tenaga yang dibutuhkan mobil untuk bergerak
- Untuk menjamin efisiensi pembuangan gas sisa pembakaran dari dalam silinder mobil ke udara bebas melalui exhaust manifold
- Untuk mengatur keluar masuknya udara dan bahan bakar pada silinder mobil agar bekerja secara optimal
- Untuk menjaga performa mobil agar tetap stabil
Risiko Kesalahan dalam Menyetel Klep Mobil
Klep mobil yang berperan penting dalam mengatur kerja mesin mobil ini pun harus disetel dengan benar dan tepat. Apabila terjadi kesalahan dalam menyetel klep mobil, maka kinerja mesin mobil pun dapat menurun.
Namun, risiko terjadinya kesalahan ini tidak dapat dihindari. Beberapa risiko yang akan Anda hadapi apabila salah dalam menyetel klep mobil, yaitu:
- Pertama, yaitu penyetelan katup yang terlalu rapat dapat menyebabkan katup terbuka lebih awal, tekanan kompresi menjadi rendah, dan mobil kehilangan tenaga sehingga akan terjadi kesalahan dalam pengapian atau pengapian balik
- Kedua, yaitu penyetelan katup yang terlalu renggang dapat menyebabkan katup terbuka lebih lambat sehingga jumlah keluar masuknya bahan bakar dan udara menjadi rendah. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab munculnya suara mobil berisik atau getaran pada mesin mobil
- Ketiga, yaitu penyetelan katup antar silinder yang tidak sama dapat menyebabkan proses keluar masuknya udara dengan bahan bakar menjadi tidak sama sehingga mengakibatkan engine hunting karena power antar silinder yang berbeda-beda
Penyebab Klep Mobil Bengkok
Walaupun Anda sudah menyetel klep mobil dengan benar, tetapi kejadian klep mobil menjadi bengkok pun tidak dapat diabaikan. Biasanya penyebab klep mobil bengkok dikarenakan panas yang berlebihan.
Jika klep mobil sudah bengkok, maka Anda pun harus segera memperbaikinya agar performa mobil menjadi optimal kembali. Nah, selain panas, apa saja penyebab klep mobil bengkok yang penting untuk Anda ketahui? Berikut penjelasannya.
Putusnya Timing Belt
Penyebab klep mobil bengkok yang pertama akan dibahas adalah putusnya timing belt. Timing belt yang rusak atau putus ini akan menyebabkan klep mobil dan piston menjadi tidak lagi sinkron sehingga mesin akan berputar cukup lama dan akan menyebabkan rusaknya piston dan engine heads.
Hal ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah dalam mesin pada saat mobil dikendarai.
Angka RPM Melebihi Batas
Penyebab yang kedua adalah angka RPM yang melebihi batas. Setiap mesin mobil pastinya memiliki batas angka revolutions per minute (RPM) nya masing-masing. RPM ini sendiri adalah jumlah putaran dalam satu menit.
Apabila angka RPM melebihi batas yang ditentukan, maka mesin mobil akan mengalami kerusakan yang bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada klep mobil. Biasanya klep mobil akan melebar sehingga menyentuh piston yang kemudian menjadi bengkok.
Selain menyebabkan bengkoknya klep mobil, angka RPM yang melebihi batas juga memungkinkan menyebabkan kerusakan pada piston.
Perawatan Mobil yang Tidak Tepat
Penyebab klep mobil bengkok yang selanjutnya adalah melakukan perawatan mobil yang tidak tepat. Beberapa perawatan mobil yang termasuk tidak tepat adalah kurangnya oli pada mesin mobil dan keadaan mesin yang terlalu panas.
Apabila salah satu hal tersebut terjadi, maka dapat memungkinkan terjadinya klep mobil yang bengkok. Biasanya kondisi mesin yang terlalu panas dan mesin oli yang kurang tersebut akan menyebabkan klep mobil menempel pada valve guides yang kemudian akan menyentuh piston.
Apabila mesin mobil terlalu panas, maka disarankan untuk mematikan mobil terlebih dahulu agar mencegah terjadinya penurunan performa dari mesin mobil.
Posisi Piston dan Klep yang Salah
Terakhir adalah posisi piston dan klep mobil yang salah. Umumnya. piston dan klep mobil harus dibuat saling berjarak agar tidak menyentuh satu sama lain.
Selain itu, bagian atas piston juga harus sejajar dengan katup intake dan exhaust. Kedua kondisi tersebut menjadi hal yang harus diperhatikan saat Anda mengganti oli atau melakukan perawatan mobil. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memilih klep mobil yang sesuai dengan spesifikasi pistonnya.
Apabila terdapat ketidaksesuaian antara klep mobil dengan spesifikasi piston, maka klep mobil bisa langsung bengkok pada saat mobil dinyalakan untuk pertama kalinya.
Jika klep mobil Anda bengkok, maka segeralah periksa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dari klep mobil yang bengkok tersebut. Kemudian, kunjungi tempat service mobil yang terpercaya dan profesional untuk mengatasi masalah tersebut.