Masukan Kata Kunci Pencarian

kopling mobil

Ini Komponen Kopling Mobil yang Perlu Kamu Tau!

Berbeda dengan mobil matic, transmisi mesin pada kendaraan berjenis manual menggunakan alat yang bernama kopling. Keberadaan kopling mobil ini tentu menjadi sangat penting sekali karena menjadi perantara antara beberapa komponen penggerak.

Itulah mengapa jika kamu merupakan pengendara mobil berjenis manual, sudah seharusnya tahu akan beberapa komponen penting pada kopling mobil. Sebab dengan begitu maka akan dapat memahami apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan agar kopling dapat awet.

Sekilas Tentang Kopling

Kopling mobil adalah sebuah alat di dalam mobil manual yang merupakan penghubung antara roda poros engkol dengan gigi transmisi. Fungsi utamanya adalah agar roda bisa bergerak untuk menyalurkan tenaga.

Kopling memiliki komponen utama antara lain plat kopling, flywheel, plat tekan serta unit plat penekan. Nantinya bagian dari ujung tuas akan mendorong bantalan agar bergerak ke belakang pada saat pengguna menginjak pedal kopling.

Nah bantalan ini kemudian menarik komponen yang bernama plat tekan untuk mundur sehingga plat kopling dapat keluar dari flywheel. Kondisi ini membuat perpindahan tenaga menjadi putus.

Sebaliknya, ketika pengguna mulai melepas pedal kopling, maka bagian per kopling mendorong plat tekan maju sehingga flywheel menjepit plat kopling. Kondisi ini menyebabkan arus perpindahan tenaga yang berasal dari mesin mobil ke bagian transmisi.

Fungsi Kopling Pada Mobil

Lantas apa sih fungsi utama dari sebuah kopling mobil? Berikut detail fungsi utama dari sebuah kopling:

  • Membantu terjadinya transmisi mobil
  • Menjaga stabilitas putaran mesin.
  • Media penghubung sekaligus pemutus putaran tenaga dari mesin ke transmisi.
  • Memudahkan terjadinya pergantian gigi transmisi.
  • Menjaga mesin mobil dapat berhenti meskipun mesin masih menyala.
  • Membantu mobil dapat berhenti meski persneling tidak di posisi netral.
  • Mobil dapat berjalan pelan saat awal melaju.

Komponen Kopling Di Mobil

Sekarang setelah paham definisi kopling mobil berikut fungsinya, maka berikut ini 11 komponen yang terdapat pada sebuah kopling:

1. Pedal Kopling

Istilah lain dari pedal kopling adalah clutch pedal yang bertugas sebagai pengendali. Di dalam pedal kopling ini terdapat sebuah engsel yang terhubung pada push rod dan piston dari master silinder kopling.

2. Kopling Master Silinder

Master silinder pada kopling akan membuat tenaga mekanik yang ada pada pedal untuk menjadi tekanan hidrolik. Master silinder ini juga menjadi bagian sistem pengereman serta melakukan pendinginan mesin via water jacket pada kepala silinder sebagai saluran pendingin.

3. Master Silinder Kopling bagian Atas

Master silinder bagian atas istilah lainnya adalah master clutch. Komponen yang berada dekat ruang mesin ini terhubung dengan push rod yang menerima tekanan dari pedal kopling. Nantinya tekanan tersebut akan tersalurkan ke master silinder bawah.

Pada master silinder kopling atas ada reservoir tank yang berguna sebagai penampung minyak. Minyak inilah yang menjadi sarana penyaluran tenaga dari master kopling atas ke master kopling bawah.

4. Master Silinder Kopling bagian Bawah

Istilah lainnya dari master silinder kopling bawah adalah power clutch. Komponen ini menjadi media penerima tekanan yang berasal dari master clutch untuk release fork melalui cairan khusus.

5. Komponen Actuator Cylinder

Komponen ini terletak pada bagian dalam master silinder yang berfungsi merubah tenaga hidrolik kembali menjadi tenaga mekanis. Actuator cylinder ini ada 2, bagian dalam terletak di dalam rumah kopling dan bagian luar untuk mengatur jarak ketinggian kopling.

6. Pipa Hydraulic Clutch

Pipa kopling hidrolik terbuat dari bahan metal yang fleksibel terhadap tekanan tinggi dengan bagian ujung terbuat dari mika atau besi. Komponen ini merupakan alat pengatur tekanan hidrolik pada sistem kopling mobil.

7. Komponen Release Fork

Release fork ini bertugas untuk mengubah tenaga mekanis yang berasal dari actuator cylinder yang akan disalurkan ke release bearing. Karena sistem kerjanya memakai prinsip pengungkit maka ukuran panjang garpu akan mempengaruhi hasil tekanan.

8. Komponen Release Bearing

Komponen kopling mobil yang satu ini berbentuk cincin tebal yang menjadi penghubung antara release fork dengan pegas diafragma. Tugas utama komponen ini adalah menekan pegas diafragma menggunakan tekanan yang berasal dari release fork.

9. Clutch Cover

Posisi clutch cover atau penutup kopling ini sedemikian rupa menyelimuti kampas kopling yang terhubung langsung dengan flywheel. Keberadaannya ini sangat penting meski terkesan sepele, karena Clutch Cover akan melindungi kopling pada saat flywheel berputar

10. Pressure Plate

Fungsi plat penekan ini adalah melakukan penekanan pada pelat kopling lalu menyalurkannya ke friction plate yang mengarah ke kampas kopling. Hal itu akan membuat kampas kopling terhimpit flywheel.

Bentuk komponen Pressure Plate ini menyerupai layaknya sebuah piring besi dengan bagian tengahnya yang berlubang. Pelat yang terletak dekat kampas dan tutup kopling ini akan berputar searah perputaran gigi primer kopling.

11. Komponen Plat Kopling

Tugas pelat kopling adalah menerima putaran mesin dan menyalurkannya ke bagian transmisi. Bahan utama komponen yang berada antara pelat penekan dan flywheel ini adalah baja yang berlapis bantalan kampas.

Jika kamu pernah mencium aroma layaknya bau seperti terbakar pada saat berkendara, nah ada kemungkinan komponen ini mengalami kerusakan. Sebaiknya segera bawa kendaraanmu ke bengkel terpercaya terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Sudah Mengerti tentang Kopling Mobil?

Nah jadi sekarang kamu paham bukan jika keberadaan kopling mobil itu sangatlah penting. Sama persis dengan pentingnya memiliki skill mengemudi yang bisa kamu dapatkan pada salah satu penyedia kursus mengemudi di kursusmengemudi.id.

Kursusmengemudi.id sendiri adalah sebuah platform digital yang mewadahi penyedia kursus mengemudi yang tersebar di seluruh Indonesia. Di dalam platform ini terdapat lebih dari 65 penyedia kursus mengemudi yang ada di berbagai kota besar di tanah air.

Itulah mengapa melalui kursusmengemudi.id akan lebih mudah mencari penyedia kursus berkendara terpercaya yang paling dekat dengan lokasimu. Jadi masih ragu apalagi? Yuk sekarang juga segera daftarkan dirimu jadi bagian Kursus Mengemudi!

Kapankah waktu yang tepat untuk menginjak kopling mobil?

Waktu yang tepat untuk menginjak kopling adalah ketika kamu akan mengurangi atau menambah kecepatan mobil sehingga harus memindahkan transmisi gigi.

Mengapa menginjak rem dan kopling secara bersamaan itu tidak boleh dilakukan?

Menginjak secara bersamaan antara rem dan kopling sebaiknya kamu hindari karena akan mengakibatkan banyak kerugian seperti pemborosan BBM, menghentikan kendaraan secara tiba-tiba, dan membuat rem menjadi mudah aus

Apa ciri kopling habis?

Ciri utama kopling mobil habis adalah terjadinya peningkatan suhu mesin. Hal tersebut karena tanpa kampas kopling maka rotasi mesin pun meningkat sebab permukaan menjadi licin.