Masukan Kata Kunci Pencarian

cara-melatih-feeling-mengemudi-mobil

Cara Melatih Feeling Saat Mengemudi Mobil, Pengemudi Wajib Tau!

Cara melatih feeling mengemudi mobil merupakan salah satu materi penting saat kamu mengambil kursus mengemudi. Tanpa bermaksud mengabaikan materi pembelajaran penting lainnya, feeling mengemudi menjadi semacam kunci utama pengendalian mobil agar kamu bisa mengemudi dengan baik dan tetap selamat ketika berkendara di kondisi apapun.

Ada beberapa materi yang harus dipelajari saat seseorang baru belajar mengemudi, kamu harus tahu bagaimana cara mengoperasikan semua alat mengemudi secara teori maupun praktik. Dan hal penting terpenting lainnya, latihan harus dilakukan secara intens dan efektif agar kamu bisa dapat lancar mengemudi dan lolos ujian untuk mendapatkan lisensi mengemudi mobil.

Lalu bagaimana cara melatih feeling mengemudi mobil secara efektif? Mari simak pembahasan berikut ini.

Cara Melatih Feeling Mengemudi Mobil Agar Terasah

Seorang pengemudi harus menjangkau pikiran dan perasaannya agar bisa jadi pusat kendali dari mobil yang ukurannya jauh lebih besar darinya. Kamu perlu memaksimalkan pada seluruh body mobil, serta hal-hal yang ada di sekitarnya.

Untuk mengontrol pergerakan mobil, ada beberapa hal yang harus dijadikan patokan, di antaranya panjang dan lebar mobil, bagian depan mobil, serta bagian kiri dan kanan mobil. Kamu juga tidak boleh mengabaikan posisi gigi, tingkat kecepatan, serta berbagai keadaan yang kompleks di area sekitar mobil. Feeling mengemudi sangat kompleks.

Bisa dikatakan,  feeling dalam mengemudi merupakan hal yang harus diasah dengan baik sehingga pengemudi akan dapat mengukur atau mengira-ngira jarak antara mobilnya dengan kendaraan di sekitarnya. Keahlian ini bahkan sangat efektif untuk mendukung pengemudi dalam mengendalikan kecepatan di situasi jalanan yang sering kali tak terduga.

Cara melatih feeling mengemudi mobil yang baik yaitu dengan melibatkan dan mengasah kemampuan indera manusia dalam mengemudi. Pengemudi harus menggunakan semua inderanya untuk mengevaluasi dan menafsirkan lingkungan di sekitar. Upaya beradaptasi dengan mobil sangat penting, sehingga kamu bisa memperkirakan jarak dan laju mobil dengan akurat. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamuterapkan di antaranya:

1. Biasakan untuk Menggunakan Alat Bantu Mengemudi

Setiap mobil selalu dilengkapi dengan alat bantu, sehingga mendukung kelancaran dan keselamatan mengemudi, seperti spion, kemudi, garis marka jalan dan perangkat lainnya. Sejak awal belajar menyetir, jangan pernah mengabaikan alat-alat ini. Justru kamu juga harus terbiasa menggunakannya agar lebih cepat melatih feeling mengemudi.

Ketimbang menoleh ke samping atau belakang, kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan spion dan memposisikannya secara benar. Spion membantu kamu tetap fokus ke arah depan, tapi bisa tetap memonitor area sekitar mobil, sehingga kamu bisa memastikan tidak ada mobil yang ingin menyalip dalam kondisi kencang, atau orang yang ingin menyeberang jalan.

Baca juga: Cara Mengatur Spion Mobil yang Tepat

Untungnya, mobil-mobil tertentu menggunakan teknologi canggih sehingga alat bantu mengemudinya lebih lengkap dan memudahkan. Tapi bagaimanapun kondisinya, pastikan kamu  menggunakan segala perangkat di mobil secara optimal, demi kenyamanan dan keselamatan mengemudi.

2. Membuat Patokan di Bagian Mobil Tertentu untuk Mengontrol jarak

Cara melatih feeling mengemudi mobil yang selanjutnya adalah membuat patokan-patokan khusus mengandalkan bagian tertentu pada mobil. Sebagai contoh, logo yang terdapat di bagian kap mobil bisa dijadikan patokan jarak agar mobil kamu tidak menabrak atau menyenggol mobil di depan kamu. Sebab feeling mengemudi kamu akan memberi sinyal, bahwa semakin dekat jarak logo dengan mobil di depan kamu, maka semakin dekat jarak sebenarnya. Logo di kap mobil bisa menjadi semacam rem agar kamu tidak menabrak mobil lain.

Untuk menjaga jarak dengan mobil yang ada di belakang kamu, silakan menggunakan sudut khusus yang berada di ujung bumper. Perhatikan spion kamu dan pastikan patokan tersebut tidak terlalu dekat dengan mobil yang ada di belakang. Latihan intens akan membuat kamu terbiasa untuk menggunakan patokan-patokan tersebut. Tunjuklah pelatih khusus dengan mengikuti kursus mengemudi terbaik agar masa pembelajaran lebih efektif.

3. Selalu Mengutamakan Keamanan dan Kewaspadaan

Selalu membiasakan diri bersikap waspada merupakan cara selanjutnya untuk melatih feeling mengemudi. Selalu gunakan seat belt dengan posisi yang benar, serta biasakanlah untuk menginjak rem sebelum mesin dinyalakan.

Cara lain untuk mendukung keselamatan yaitu dengan memperhatikan cara kamu duduk di bangku supir. Duduklah dengan benar, cek posisi spion, serta pastikan semua komponen mengemudi berfungsi dengan baik, termasuk lampu sein dan yang lainnya.

Cara melatih feeling mengemudi mobil akan lebih efektif ketika kamu memiliki pelatih. Silakan mengambil kursus mengemudi di tempat yang paling direkomendasikan, sehingga kamu bisa mendapatkan trik khusus lainnya, serta sesi pelatihan yang efektif tapi tetap menyenangkan.

4. Berkendaralah dalam Kondisi Emosi yang Stabil

Tips atau cara melatih feeling mengemudi mobil ini tidak kalah penting karena berkaitan dengan emosi si pengemudi. Bahaya mengemudi akan semakin tinggi ketika kamu mengemudi dengan emosi yang tidak stabil. Sebaik apapun kamu melatih feeling mengemudi, semua akan sia-sia ketika kamu mengemudi dalam kondisi emosi yang sedang tak terkendali.

Karena itulah, ketenangan dan konsentrasi sangat penting agar kamu bisa mengaktivasi refleks dan segala keputusan yang cepat, tepat dan tetap akurat. Biasakan untuk tidak bermain smartphone ketika mengemudi. Besar kemungkinan emosi kamu ter-distract, sehingga konsentrasi buyar dan peluang kecelakaan semakin besar,

Emosi yang stabil akan meningkatkan rasa percaya diri dan kemantapan dalam mengambil keputusan yang spontan. Kondisi jalan selalu tak terprediksi, tapi ketika kamu mahir dan menggunakan feeling mengemudi dengan benar, ini akan mendukung keselamatan diri, penumpang, serta semua pengguna jalan di sekitar kamu.

Sudah Bisa melatih Feeling Saat Berkendara?

Pada dasarnya, cara melatih feeling mengemudi mobil tidak bisa dipelajari dalam waktu sebentar, seorang pemula haruslah sering berlatih mengemudi mobil sehingga lama-lama feeling-nya akan terasah sendiri secara otomatis

Belajar dari tempat kursus bisa membantu untuk mendapatkan pengetahuan dan mengasah keterampilan agar lebih lancar dalam mengemudi. Pada artikel sebelumnya telah kita jelaskan bagaimana cara memilih tempat kursus mengemudi yang cocok untuk pemula.