Masukan Kata Kunci Pencarian

kapan menggunakan charger aki mobil yang bagus

Pahami Kapan Menggunakan Charger Aki Mobil yang Bagus

Menggunakan charger aki mobil yang bagus juga ada acara tersendiri agar tidak memicu kerugian. Ketika berkendara, menggunakan charger aki akan memberikan banyak keuntungan, apalagi aku memegang peranan penting dibandingkan komponen mobil lainnya. Jika aki tidak bisa menyala, maka mesin mobil pun tidak bisa digunakan. Sementara itu, performa aki bisa terus menurun. Semakin jarang kendaraan digunakan, maka daya aki juga semakin menurun. Hal ini bisa membuat mobil sulit dihidupkan. Di saat inilah Anda membutuhkan charger aki. Akan tetapi, penggunaan charger aki tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar penggunaan charger aki tidak menimbulkan kerugian atau kerusakan pada kendaraan. Cas aki mobil juga perlu perhitungan yang tepat agar performa mobil terjaga. Berikut berbagai hal yang harus diperhatikan saat menggunakan charger aki mobil:

Pahami Kapan Harus Cas Aki Mobil

Mengecas aki adalah satu satu cara untuk menjaga kinerja aki agar selalu maksimal. Hal ini perlu dilakukan agar tegangan listrik yang dihasilkan aki sesuap dengan spesifikasinya. Namun, mengecas aki tidak bisa sembarangan, Anda hanya boleh mengecas aki mobil yang masih berada dalam kondisi baik. Aki mobil yang sudah soal tidak akan bisa bekerja maksimal meskipun sudah dicas. Biasanya, aki mobil yang sudah lama (sudah soak) hanya mampu mempertahankan kinerja maksimal setelah beberapa hari di cas. Dalam waktu singkat, tegangan aki bisa kembali drop. Jadi, pengecasan yang Anda lakukan akan sia-si

Hitung Berapa Lama Penggunaan Charger Aki Mobil

Mengetahui kapan saatnya aki di cas akan menjaga performa mobil Anda. Untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengisi aki mobil, Anda harus memahami kapasitas aki yang Anda gunakan. Umumnya, mengisi aki mobil sama dengan mengisi daya baterai ponsel. Kita harus mengisinya tergantung kapasitas yang dihitung dengan satuan Ampere per Hour (Ah).

Misalnya, jika daya aki Anda 12 volt 40ah, hal itu menunjukkan  bahwa aki mobil mampu  menghasilkan arus stabil sebesar 12 volt setiap 40 Ah. Biasanya, pengisian aki menggunakan daya listrik sebesar 10% dari kapasitas aki. Dengan begitu, Anda harus menghitung besarnya arus pengisian ke aki ( 40 x 10%= 40 Ampere). Setelah itu, hitung lamanya pengisian dengan rumus kapasitas Aki / Arus Pengisian) + (20% x Kapasitas Aki / Arus Pengisian). Jadi, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki dengan daya 12 volt 40 ah, yaitu (40 Ah / 4Ah) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12 jam. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka penggunaan charger aki untuk daya aki sebesar Anda 12 volt 40ah adalah 12 jam.

Rekomendasi Charger Aki Mobil yang Bagus

Setelah mengetahui kapan saatnya melakukan chas aki dan berapa lama menggunakan charger aki, Anda harus memiliki merek charger aki mobil yang tepat. Aki mobil yang bagus adalah aki yang memiliki daya pengisian diatas 20 ampere agar pengisiannya jadi lebih cepat dan penyimpanannya lebih mudah. Berikut beberapa rekomendasi aki mobil yang bagus:

1. Global Battery

Charger aki mobil ini memiliki bentuk yang ringkas dan harga terjangkau. Daya input charger aki ini mencapai AC100-240V-50/60Hz dan output DC 13.8 volt. Daya charger dari Global Battery mencapai 1,5 ampere dan sudah dilengkapi lampu indikator. Ukuran charger aki ini mirip seperti baterai laptop. Alat charger ini dilengkapi dengan lampu indikator dengan kapasitas daya charger mencapai 1,5 Ampere.

2. Voz Quick Charger

Charger aki mobil ini memiliki daya input AC 220 volt dengan daya charger hingga 30 Ampere. Sayangnya, charger aki ini memiliki bentuk yang cukup besar namun harganya sangat terjangkau.

3. Motobatt MBC Baby Boy

Motobatt MBC Baby Boy memiliki tegangan 6 dan 12 volt. Tak hanya untuk charger mobil, alat ini juga bisa Anda gunakan untuk mengecas aki motor. Alat ini juga dilengkapi pengaman jika muncul ledakan sata pengisian daya aki.

4. Mega Intelligent Battery Charger

Mega Intelligent Battery Charger dilengkapi dengan sistem smart 3 phase. Ketika daya aki sudah terisi penuh, maka pengisian daya akan mati secara otomatis. Kapasitas charger bisa disesuaikan hingga 20 ampere.  

5. Zen Charger Portable

Zen Charger Portable  memiliki desain yang compact sehingga mudah dibawa dan disimpan. Meski bentuknya kecil. Daya charger ini mencapai 20 ampere.

6. NLG Bright Battery Charger

NLG Bright Battery Charger memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang luas. Akan tetapi, alat ini memiliki daya input hingga 220 volt dan kemampuan charging 6 hingga 12 volt.

7. Super Fast Charger

Sama seperti namanya, charger aki ini bisa digunakan untuk mengisi daya aki dengan cepat. Pengisian data bisa mencapai 100 ampere.

8. BRT Pistar I-MAX

BRT Pistar I-MAX  juga dilengkapi teknologi yang membantu Anda untuk mendeteksi kondisi aki, apakah masih bisa di cash atau sudah soak. Kemampuan charging alat ini mencapai 40 ampere.

9. Nankai Battery Charger

Nankai Battery Charger  bisa digunakan untuk mengecas dengan kekuatan 5 hingga 20 ampere. Daya input alat ini bisa mencapai 230 volt.

10. Noco Genius

Tak hanya memiliki fasilitas fast charging, Noco Genius juga dilengkapi teknologi perlindungan untuk melindungi Anda dari risiko ledakan. Kemampuan charging alat ini mencapai 230 ampere.

Itulah berbagai hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan charger aki mobil. Charger aki mobil merupakan alat terbaik untuk mengatasi daya aki yang menurun sehingga Anda tak perlu buru-buru membeli aki baru. Namun sebelum menggunakan charger aki mobil, Anda harus berhati-hati. Jika Anda sembarangan menggunakan charger aki mobil, ada berbagai kerugian yang bisa Anda tanggung, seperti risiko ledakan atau  korsleting.