0812 - 3747 - 4047

3 Tips Merawat Jok Mobil Agar Tahan Lama

Jok mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang menjadi pusat perhatian ketika masuk ke dalam sebuah mobil. Tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi jok mobilnya.

Jok mobil biasanya sudah dibuat sebagaimana mestinya agar membuat pengguna merasa nyaman. Tapi yang harus ingat, tidak selamanya jok mobil akan awet dan tahan lama.

Untuk menjaga jok mobil agar tahan lama, berikut ada 3 tips nya:

1. Jangan Terlalu Sering Memarkirkan Mobil di Tempat Terbuka

Saat parkir, kamu juga harus memperhatikan tempat parkir yang aman untuk mobil, termasuk untuk menjaga ketahanan jok mobil agar tahan lama.

Hindari memarkir mobil di bawah terik matahari, karena sinar ultra violet (UV) matahari dapat merusak busa jok, serta sarung penutup jok, terlebih sarung jok yang terbuat dari bahan kulit.

Busa dan sarung penutup jok dapat mengering, dan lama kelamaan bisa mengelupas dan akhirnya rusak hingga tidak bisa lagi digunakan (harus diganti).

2. Perhatikan Barang Bawaan

Rusaknya jok mobil ini juga bisa terjadi jika kamu tidak memperhatikan barang bawaan yang kamu letakkan di jok mobil kamu. Misalnya saja barang bawaan kamu merupakan barang yang berat, terlalu panas, atau benda tajam yang bisa membuat jok mobil kamu cabik (sobek).

Jika jok mobil cabik, maka kamu harus bersiap untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.

3. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Tips selanjutnya untuk merawat jok mobil agar lebih tahan lama yaitu, melakukan perawatan secara rutin. Bersihkan debu atau sisa-sisa makanan yang menempel di jok.

Untuk melakukannya, kamu membutuhkan canebo atau kain yang telah dibasahi sebelumnya. Cara ini dilakukan pada jok yang menggunakan sarung berbahan kulit.

Misalnya seperti gambar di bawah ini:

Lalu bagaimana jika sarung jok kamu terbuat dari bahan kain atau beludru? Kamu bisa menggunakan vacum cleaner untuk membersihkannya. Berikut contohnya:

Lakukan perawatan secara rutin, minimal satu kali dalam satu minggu.

Demikian 3 hal yang bisa kamu lakukan agar jok mobil kamu lebih tahan lama. Merawat jok yang dilakukan secara maksimal, kamu juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang