0812 - 3747 - 4047

Cara Menangkal Virus Corona di Kabin Mobil

Hingga saat ini, dunia masih dihebohkan dengan sebuah virus yang sangat berbahaya, yakni Virus Corona atau biasa dikenal dengan istilah COVID-19 (Corona virus Disease 2019).

Virus corona adalah virus yang dapat menular dari beberapa hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan virus ini bisa terjadi melalui mulut, hidung dan mata setelah melakukan kontak langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi COVID-19.

Virus ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan (seperti flu) dengan gejala batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Di Indonesia sendiri, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut, diantaranya self quarantine, physical distancing, serta PSBB (Pembatasan sosial berskala Besar).

Namun, kebutuhan kita tentunya terus berlanjut, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan. Kita membutuhkan berbagai makanan atau minuman. Walaupun sudah tersedia berbagai jasa online, tetapi dalam keadaan tertentu mengharuskan kita untuk tetap keluar rumah.

Keadaan ini menimbulkan berbagai kekhawatiran banyak orang, salah satunya kekhawatiran adanya virus corona yang mungkin saja bisa tertinggal di kabin mobil setelah bepergian.

Maka dari itu, agar kita dan keluarga terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh virus tersebut, ada 3 cara mudah yang bisa dilakukan untuk menangkal virus corona di kabin mobil:

1. Menjaga Kebersihan Filter AC

Filter AC adalah sebuah saringan udara yang berfungsi untuk mencegah bakteri atau virus agar tidak masuk ke evaporator (sebuah komponen pada AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa dingin ke kabin mobil).

Sehingga dengan menjaga kebersihan filter AC secara rutin, dapat menyaring berbagai bakteri atau virus termasuk virus corona, menghasilkan udara menjadi lebih baik, serta menghilangkan bau tak sedap pada kabin mobil.

Filter AC biasanya terletak di balik laci dashboard mobil, bagi kamu yang belum mengetahuinya, kamu bisa melihat gambar berikut:

Untuk membersihkan filter AC, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka laci dengan cara menariknya ke atas dengan menarik sisi sebelah kiri atau kanan satu per satu hingga laci terlepas (setiap mobil akan berbeda-beda).
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci yang tentunya juga akan berbeda-beda pada setiap mobil.
  • Bersihkan filter AC dengan kuas untuk menghilangkan kotoran yang menempel, bisa juga menggunakan kompresor angin.
  • Tutup dan pasang kembali filter AC dan jangan sampai terbalik.
  • Lakukan rutin sebulan sekali, namun jika filter AC sudah tak bisa dibersihkan lagi (terlalu kotor), maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Bersihkan Interior Mobil

Langkah selanjutnya untuk menangkal virus corona pada kabin mobil yaitu membersihkan seluruh interior mobil setelah bepergian. Dimana tujuannya adalah untuk menghilangkan virus corona yang mungkin saja menempel di mobil kamu.

Pastikan kamu telah membersihkan beberapa bagian interior mobil seperti gagang pintu, stir, kenop sabuk pengaman,dan permukaan yang kerap berinteraksi dengan pengemudi atau penumpang.

Saat membersihkan interior mobil, kamu tidak perlu membeli antibakteri khusus untuk membersihkan kabin mobil, atau menyemprot desinfektan ke dalam kabin. Cukup gunakan cairan sabun antiseptik (air sabun).

Berikut cara membersihkan interior mobil agar terhindar dari virus corona:

  • Siapkan sabun antiseptik, air, dan botol semprot, dan handuk microfiber.
  • Masukkan sabun dan air kedalam botol semprot.
  • Lap seluruh permukaan interior mobil menggunakan air sabun dan handuk microfiber yang sudah disediakan.
  • Dan jangan lupa menggunakan sarung tangan dan masker, serta mencuci tangan setelah membersihkan interior mobil.

3. Gunakan Air Purifier

Air purifier adalah alat yang digunakan untuk menetralisir udara serta menangkap dan membunuh berbagai bakteri atau virus yang berada pada kabin mobil. Dalam laporan Digital Trends dijelaskan air purifier menggunakan kipas untuk menarik udara kemudian menyebarkannya melalui saringan (filter) sebelum dilepaskan hingga dihirup penumpang.

Nah dengan adanya alat ini, tentunya dapat mencegah dan membunuh virus corona mungkin saja ada di kabin mobil kamu. Kamu bisa meletakkan alat ini di dashboard agar udara dapat tersebar dengan baik pada seluruh bagian mobil.

Saat ini, juga sudah banyak marketplace yang menjual berbagai brand air purifier untuk mobil, berikut salah satunya:

Dan contoh penggunaannya di dalam mobil:

Sumber: Tokopedia

Menjaga kebersihan menjadi hal penting yang harus dilakukan di tengah pandemi yang terjadi saat ini. Itulah 3 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kabin mobil agar terhindar dari virus corona.

Semoga bermanfaat.

Lebih dari 200 orang telah mahir dalam mengemudi berkat kursus kami. Daftar sekarang